Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Dalam Memilih Tabungan Mudharabah Di LKMS BTM Pemalang Kantor Cabang Petarukan

Mohammad, Ilham (2025) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Dalam Memilih Tabungan Mudharabah Di LKMS BTM Pemalang Kantor Cabang Petarukan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4219097 _COVER BAB 1 DAN BAB 5-DP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4219097 _LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)
[img] Text
4219097 _FULL TEXT B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya berbagai faktor internal dan eksternal yang memengaruhi keputusan nasabah dalam memilih produk atau jasa keuangan syariah. Keputusan tersebut tidak terlepas dari faktor internal yang berasal dari dalam diri nasabah, seperti pengetahuan dan religiositas, serta faktor eksternal yang berasal dari lembaga keuangan, yaitu produk dan pelayanan yang ditawarkan. Salah satu bentuk penerapan keputusan nasabah dalam memilih produk keuangan syariah dapat dilihat melalui pemanfaatan tabungan mudharabah pada lembaga keuangan syariah, khususnya di Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dari 94 responden menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, yaitu salah satu bentuk teknik non-probability sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier berganda melalui SPSS versi 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel pengetahuan, religiositas, produk, dan pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan nasabah dalam memilih tabungan mudharabah di BTM Pemalang Cabang Petarukan. Namun, berdasarkan hasil uji parsial diketahui bahwa hanya variabel pelayanan (X4) yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah (Y). Sementara itu, variabel pengetahuan (X1), religiositas (X2), dan produk (X3) tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPratama, Versiandika YudhaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Religiositas, Produk, Pelayanan dan Keputusan Nasabah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 15 Dec 2025 06:56
Last Modified: 15 Dec 2025 06:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16741

Actions (login required)

View Item View Item