Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam Melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs YMI Wonopringgo Kab Pekalongan

Safira, Azzahrotul (2020) Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam Melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs YMI Wonopringgo Kab Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penanaman nilai adalah suatu tindakan, perilaku atau proses menanamkan suatu tipe kepercayaan yang berada dalam ruang lingkup sistem kepercayaan dimana seseorang bertindak atau menghindari suatu tindakan, atau mengenai sesuatu yang pantas atau tidak pantas dikerjakan. Pembelajaran aqidah akhlak merupakan pelajaran yang sangat penting untuk siswa. Pada zaman sekarang ini masih ada siswa yang belum menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam dirinya sehingga guru harus terus berperan aktif dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam melalui pembelajaran aqidah akhlak. Permasalahan yang diungkap adalah bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan Islam melalui pembelajaran aqidah akhlak dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam melalui pembelajaran aqidah akhlak. Adapun tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai pendidikan islam melalui pembelajaran aqidah akhlak, dan untuk memperoleh informasi dan kejelasan mengenai penanaman nilai-nilai pendidikan Islam melalui pembelajaran aqidah akhlak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field Research). Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data, peneliti melalui proses reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwapenanaman nilai-nilai pendidikan Islam melalui pembelajaran aqidah akhlak di MTs YMI Wonopringgo telah dilaksanakan dengan baik. Dengan berbagai kegiatan untuk diikuti oleh siswa, seperti bersalaman dengan guru pada saat sampai di gerbang, do’a pagi, khataman Al-Qur’an, sholat dhuha berjamaah dan sholat dhuhur berjamaah. Adapun pembelajaran aqidah akhlak sendiri dilaksanakan dengan menggunakan berbagai metode seperti, metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab dan metode pembiasaaan. Di samping itu, guru juga selalu memberikan nasihat atau motivasi kepada siswa pada saat di sela-sela pembelajaran. Hal itu dilakukan guna untuk membangkitkan semangat siswa pada saat pembelajaran. Di dalam proses penanaman nilai-nilai pendidikan Islam melalui pembelajaran aqidah akhlak terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya antara lain yaitu, guru yang terlibat aktif, sarana dan prasarana yang menunjang, dan orang tua yang ikut andil. Sedangkan faktor penghambatnya kondisi anak yang masih labil, pengaruh gadjet/Hp, pengawasan yang terbatas dari pihak sekolah dan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPuspitasari, DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam, Pembelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 29 Jun 2021 09:21
Last Modified: 29 Jun 2021 09:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1678

Actions (login required)

View Item View Item