Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Perilaku Konsumtif dalam Penggunaan Layanan Shopee Pay Later pada Mahasiswa Tegal dan Pekalongan.

Ulumudin, Ikhya (2022) Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Perilaku Konsumtif dalam Penggunaan Layanan Shopee Pay Later pada Mahasiswa Tegal dan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4218022 - Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4218022 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4218022 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Seiring perkembangan zaman proses pembelian produk menjadi semakin berkembang, salah satunya adalah melalui e-commerce. Dengan adanya ecommerce semakin memberikan kemudahan dan kepercayaan masyarakat dalam melakukan jual beli secara online. Dalam hal ini, Shopee merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan fasilitas belanja online. Pada tahun 2019 Shopee mengeluarkan sebuah layanan Shopee Pay Later dimana pengguna dapat melakukan pembelian barang dengan pembayaran secara kredit sebagai metode pembayarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemudahan dan kepercayaan dalam penggunaan layanan Shopee Pay Later terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Tegal dan Pekalongan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan membutuhkan sampel sebanyak 100 responden. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskripsi dan uji regresi linear berganda serta menggunakan alat bantu IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan kemudahan secara signifikan mempengaruhi perilaku konsumtif dimana t hitung variabel kemudahan yakni 2,542 > t tabel sebesar 1,98472 dan nilai signifikansi sebesar 0,39 < 0,05. Kepercayaan secara signifikan mempengaruhi perilaku konsumtif dimana t hitung 2,166 > t tabelnya 1,98472 dan nilai signifikan 0,025 > 0,05. Setelah dilakukan uji Anova, kemudahan dan kepercayaan secara bersama-sama mempengaruhi perilaku konsumtif dimana nilai signifikansi regresi 0,038 kurang dari alpha 0,05 itu berarti Ha3 diterima dan H03 ditolak. Kemudian nilai Fhitung diperoleh angka sebesar 3,982 lebih besar daripada Ftabel-nya sebesar 3,09.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyada, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemudahan, Kepercayaan, Perilaku Konsumtif, Shopee Pay Later
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 27 Nov 2025 02:16
Last Modified: 27 Nov 2025 02:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16781

Actions (login required)

View Item View Item