Strategi Pemasaran di Shopee Batik MD Pekalongan Dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Syariah

Maula, Muhammad Ifwan (2023) Strategi Pemasaran di Shopee Batik MD Pekalongan Dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Syariah. Diploma thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2013116270_Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2013116270_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2013116270_Lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

E-commerce merupakan hasil perkembangan trend lingkungan masyarakat sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat secara lebih efektif dan efisien. Salah satu aplikasi E-commerce yang digunakan saat ini adalah Shopee. Shopee juga menawarkan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membeli dan menjual produk hanya dengan mengunggah foto dan mendeskripsikan produk melalui smartphone mereka. Kemudahan yang diberikan oleh perusahaan shopee ini tentu saja didukung oleh strategi pemasaran yang dilakukan oleh Shopee. Bentuk strategi pemasaran melalui internet pun beragam bentuknya sesuai dengan tingkat interaksi yang dapat dihasilkannya. Berbagai bentuk pemasaran tersebut mencakup penggunaan email, banner ads, microsite, interstitials, banner, search related ads, website, dan sebagainya. Saluran-saluran utama dalam pemasaran berbasis internet adalah Search Engine Optimization (SEO), media sosial, iklan berbasis internet, email, konten website, dan pemasaran perangkat mobile. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan Batik MD Pekalongan dalam meningkatkan penjualan baik ditinjau secara umum maupun dari perspektif ekonomi syariah, serta menjelaskan bagaimana kendala yang dihadapi Batik MD Pekalongan dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian penelitian lapangan (Field Research). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada Batik MD Pekalongan yang beralamat di Simbang Kulon Gg. 2 Kab. Pekalongan (Depan Masjid Jami‟ Simbang Kulon). Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Batik MD menggunakan strategi pemasaran SEO, sosial media marketing, promosi berbayar, dan paket diskon yang disediakan oleh shopee, dan hal ini sangat efektif bagi Batik MD dalam meningkatkan penjualan. Strategi pemasaran SEO, sosial media marketing, promosi berbayar, dan paket diskon yang digunakan oleh Batik MD pada shopee ini jika ditinjau dari perspektif ekonomi syariah, hal ini sudah sesuai dan efektif bagi Batik MD dalam meningkatkan penjualan. Serta kendala yang dihadapi Batik MD dalam meningkatkan penjualan yaitu karena adanya persaingan yang ketat, masalah logistik atau rendahnya kulitas SDM, adanya pembeli yang kurang percaya pada penjual di shopee, volume penjualan ataupun produksi yang tidak sesuai serta kebijakan pemerintah mengenai PPN 10%

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyamsuddin, SyamsuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Penjualan, SEO, Sosial Media Marketing, Promosi Berbayar, Paket Diskon
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 27 Nov 2025 02:42
Last Modified: 27 Nov 2025 02:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16782

Actions (login required)

View Item View Item