Damayanti, Femila (2021) Pengaruh Resource Content dan Social Content Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada BMT Bahtera Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
4217002_Bab1&5.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
4217002_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
|
Text
4217002_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Loyalitas merupakan kesetiaan pelanggan terhadap suatu perusahaan atau merek yang dilandasi oleh perilaku baik dan pembelian ulang terus menerus. Dengan adanya loyalitas, dapat menciptakan kesempatan bagus untuk perusahaan dalam meningkatkan jangkauan pemasaran dan menjaga keberlangsungan hidup perusahaan. Beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah yaitu resource content, social content dan kepercayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh resource content dan social content terhadap loyalitas nasabah melalui kepercayaan pada BMT Bahtera Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi di dalam penelitian ini adalah anggota BMT Bahtera Pekalongan yang berjumlah 5.199 anggota. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan rumus slovin, standar error yang ditetapkan yaitu 10%. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis jalur (path analysis), uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resource content berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan dengan nilai beta sebesar 0,646 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Social content berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan dengan nilai beta sebesar 0,771 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Resource content berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai beta sebesar -0,054 dan nilai signifikansi sebesar 0,630 < 0,05. Social content berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai beta sebesar 0,277 dan nilai signifikansi sebesar 0,233 < 0,05. Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai beta sebesar 0,480 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kepercayaan mampu berperan sebagai variabel intervening atau memediasi resource content terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung = 2,818 > nilai ttabel = 1,66055. Kepercayaan mampu berperan sebagai variabel intervening atau memediasi resource content terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung = 2,721 > nilai ttabel = 1,66055.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Resource Content, Social Content, Kepercayaan dan Loyalitas Nasabah | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
| Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 07:01 | ||||||||
| Last Modified: | 27 Nov 2025 07:01 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16816 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
