Pengaruh Resource Content dan Social Content Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada BMT Bahtera Pekalongan

Damayanti, Femila (2021) Pengaruh Resource Content dan Social Content Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada BMT Bahtera Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4217002_Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4217002_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
4217002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Loyalitas merupakan kesetiaan pelanggan terhadap suatu perusahaan atau merek yang dilandasi oleh perilaku baik dan pembelian ulang terus menerus. Dengan adanya loyalitas, dapat menciptakan kesempatan bagus untuk perusahaan dalam meningkatkan jangkauan pemasaran dan menjaga keberlangsungan hidup perusahaan. Beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah yaitu resource content, social content dan kepercayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh resource content dan social content terhadap loyalitas nasabah melalui kepercayaan pada BMT Bahtera Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi di dalam penelitian ini adalah anggota BMT Bahtera Pekalongan yang berjumlah 5.199 anggota. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan rumus slovin, standar error yang ditetapkan yaitu 10%. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis jalur (path analysis), uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resource content berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan dengan nilai beta sebesar 0,646 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Social content berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan dengan nilai beta sebesar 0,771 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Resource content berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai beta sebesar -0,054 dan nilai signifikansi sebesar 0,630 < 0,05. Social content berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai beta sebesar 0,277 dan nilai signifikansi sebesar 0,233 < 0,05. Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai beta sebesar 0,480 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kepercayaan mampu berperan sebagai variabel intervening atau memediasi resource content terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung = 2,818 > nilai ttabel = 1,66055. Kepercayaan mampu berperan sebagai variabel intervening atau memediasi resource content terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung = 2,721 > nilai ttabel = 1,66055.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNasrullah, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Resource Content, Social Content, Kepercayaan dan Loyalitas Nasabah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 27 Nov 2025 07:01
Last Modified: 27 Nov 2025 07:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16816

Actions (login required)

View Item View Item