Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Religius Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Karangdadap

Rahmawati, Laily (2020) Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Religius Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Karangdadap. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kompetensi kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia. Seorang guru tidak hanya mentransfer ilmu penegtahuan saja juga menjadikan peserta didik berkarakter religius sebagai pedoman dalam hidupnya. Keberadaan guru sangat penting bagi perkembangan karakter peserta didik terutama guru pendidikan agama Islam. Dari latar belakang masalah judul penulis paparkan di atas, maka skripsi ini membahas tentang Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Religius Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Karangdadap. Dengan rumusan masalah: Bagaimana kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Karangdadap? Bagaimana karakter religius siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Karangadadap? Bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam terhadap karakter religius siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Karangdadap? Jenis penelitian ini adalah field Research (penelitian lapangan) pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan persamaan regresi linier sederhana.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangdadap dengan sampel 40 siswa dari n 25% dari 159 adalah 39,75 dibulatkan menjadi 40. Kemudian pengambilan sampel melibatkan semua kelas VIII di SMP N 1 Karangdadap yang berjumlah 5 kelas dan masing-masing kelas peneliti mengambil 8 anak untuk dijadikan sampel. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam SMP Negeri 1 Karangdadap termasuk dalam katergori baik dengan nilai interval 67. Dibuktikan dengan hasil perhitungan angket yang terletak pada interval 67-71. Adapun karakter religius siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangdadap termasuk dalam kategori cukup nilai 60. Dibuktikan dengan hasil perhitungan angket yang terletak pada interval 58 – 65 yang menunjukan kategori cukup. Kemudian dari hasil perhitungan analisis persamaan regresi linier sederhana didapat nilai a sebesar 41,760 dan nilai koefisien b = 0,268. Jadi persamaan regresinya adalah Y = 41,760 + 0,268X, kemudian diperoleh nilai t hitung sebesar 1,083. Selanjutnya pada tingkat signifikan 5 % nilai t tabel sebesar 2,024. Maka dapat disimpulkan bahwa t hitung sebesar 1,083 lebih kecil dari t tabel sebesar 2,024, maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, yang berarti tidak ada pengaruh antara kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam terhadap karakter religius siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Karangdadap.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAli, FachriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian, Guru Pendidikan Agama Islam Dan Karakter Religius Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Izzah
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:02
Last Modified: 15 Aug 2022 03:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1683

Actions (login required)

View Item View Item