Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Nodal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Tingkat Pendapatan Usaha ( Studi Kasus Pengusaha Tenun Desa Cepagan Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang)

Setyaningtyas, Dwi (2023) Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Nodal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Tingkat Pendapatan Usaha ( Studi Kasus Pengusaha Tenun Desa Cepagan Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2013116358_Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2013116358_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2013116358_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendapatan merupakan tujuan utama dari suatu kewirausahaan. Untuk memulai usaha dibutuhkan pengetahuan kewirausahaan guna meningkatkan pendapatan usaha. Modal usaha dibutukan untuk meningkatkan pendapatan usaha. Semakin besar modal usaha yang dikeluarkan, semakin besar pula kesempatan untuk meningkatkan pendapatan. Strategi pemasaran mempengaruhi pendapatan usaha, semakin baik teknik marketing yang dilakukan, semkain tinggi pula pendapatan yang diperoleh. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam Penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Signifikansi dan Uji Koefisien Determinasi (R2 ).Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan kewirausahaan (X1) tidak berpengarh terhadap pendapatan (Y) dengan nilai t hitung -0.425 < t table 1,703 dan tingkat signifikan 0,675 > 0,05. Sedangkan modal usaha (X2) tidak berpengaruh terhadap pendapatan (Y) dengan t hitung 0,910 < 1,703 dan tingkat signifikan 0,371 > t tabel 0,05. Dan untuk strategi pemasaran (X3) berpengaruh terhadap pendapatan (Y) dengan nilai t hitung 3,033 > t tabel 1,703 dan tingkat signifikan 0,005 < 0,05. Hal ini disimpulkan bahwa secara Bersama-sama variabel independen Pengetahuan Kewirausahaan (X1), Modal Usaha (X2) dan Strategi Pemasaran (X3) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu Pendapatan (Y). Kemampuan untuk memprediksi variabel independent terhadap variabel dependen adalah sebesar 0,600 yang ditunjukkan oleh besarnya Adjusted R Square dengan presentase 60,0% sedangkan sisanya 40,0% dipengaruhi oleh factor-faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSafi'i, Muhammad ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Kewirausahaan, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.32 Ekonomi Keuangan Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 28 Nov 2025 07:24
Last Modified: 28 Nov 2025 07:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16847

Actions (login required)

View Item View Item