Fikri, Fatkhul Khasanal (2020) Penanaman nilai religius pada siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto kecamatan Kedungwuni kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I-V.pdf Download (4MB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Dekadensi moral khususnya dikalangan para pelajar sudah tidak bisa dihindari lagi saat ini. Hal ini ditandai dengan banyak sekali kasus-kasus yang terjadi dikalangan para pelajar yang berprilaku di luar batas kesopanan dan kesusilaan. Untuk itu Perlu adanya penanganan, salah satu yag dapat dilakukan adalah dengan menanmkan nilai religius melalui pembelajaran akidah akhlak, hal ini dapat mebentukan watak dan kepribadian peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penanaman nilai religius pada siswa dalam pembelajaran akidah akhlak MA Salafiyah Syafi’iyah Proto? dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai religius pada siswa dalam pembelajaran akidah akhlak MA Salafiyah Syafi’iyah Proto?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui proses penanaman nilai religius pada siswa dalam pembelajaran akidah akhlak MA Salafiyah Syafi’iyah Proto dan mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai religius pada siswa dalam pembelajaran akidah akhlak MA Salafiyah Syafi’iyah Proto. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah dengan analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman nilai religius dalam pembelajaran diawali dengan guru menyiapkan materi dan RPP dan silabus yang telah disisipkan penanaman nilai religius. Pada prosese pembelajaran guru menggunakan strategi, pendekatan dan metode untuk membantu penanaman nilai religius. Selain itu nilai religius ini tidak hanya ditanamkan dalam pembelajaran akidah akhlak tetapi juga melalui kegiatan di madrasah. Penanaman nilai religius ini diterapkan dengan menggunakan metode yang berbeda-beda yaitu metode pembiasaan, metode keteladanan, malalui arahan dan bimbingan, melalui nasihat dan motivasi, melalui hadiah dan hukuman. Selanjutnya proses terakhir adalah melakukan evaluasi untuk melihat sejauh mana pengetahuan keagamaan dan prilaku siswa, apakah penanaman nilai ini sudah menjadi pembiasaan atau belum. Adapun faktor yang mendukung penanaman nilai religius nilai religius pada siswa dalam pembelajaran akidah akhlak meliputi: Kerjasama warga madrasah, Kegiaan keagamaan, Sarana dan prasarana yang menunjang, dan Lingkungan madrasah. Sedangkan Faktor yang menghambat penanaman nilai religius nilai religius pada siswa dalam pembelajaran akidah akhlak meliputi: Pengaruh teman, Pergaulan di luar madrasah, dan Perkembangan budaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penanaman Nilai, Religius, Akidah Akhlak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Khusnu Asirah | ||||||||
Date Deposited: | 28 Dec 2021 06:25 | ||||||||
Last Modified: | 28 Dec 2021 06:25 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1687 |
Actions (login required)
View Item |