Pengaruh Model Pembelajran Kooperatif Berbasis Make a Match Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP Negeri 1 Bandar Batang

Putri, Nimas Ayu Kusuma (2025) Pengaruh Model Pembelajran Kooperatif Berbasis Make a Match Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP Negeri 1 Bandar Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619069_BAB I dan BAB V.pdf

Download (671kB)
[img] Text
2619069_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
2619069_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingudur.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya mutu pendidikan di Indonesia yang salah satunya disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional, berpusat pada guru, dan cenderung verbalisitik sehingga kurang mampu mendorong keaktifan belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif berbasis Make a Match terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Bandar Batang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen, melibatkan dua kelas sampel berjumlah 66 siswa, yaitu kelas eksperimen menggunakan model Make a Match dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, serta uji regresi linier berganda dan uji t parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis Make a Match berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar siswa. Kelas eksperimen menunjukkan peningkatan keaktifan belajar dengan kategori tinggi sebanyak 69,7%, sedangkan kelas kontrol hanya 15,2%. Selain itu, variabel pengalaman belajar, motivasi belajar, kerjasama, dan keterampilan sosial masing-masing berpengaruh signifikan dengan nilai Sig. < 0,05 sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif berbasis Make a Match terbukti efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menyenangkan, serta mampu meningkatkan interaksi, keberanian, dan partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Bandar Batang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Make a Match, Keaktifan Belajar, Matematika
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 02 Dec 2025 06:14
Last Modified: 02 Dec 2025 06:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16893

Actions (login required)

View Item View Item