Karomi, Muhamad Zabital (2023) Strategi Pemasaran Coffee Shop "Warkeb Flamboyan" Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2013116256_Bab1&5.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
2013116256_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
|
Text
2013116256_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Menjamurnya kedai kopi, menyebabkan adanya persaingan secara tidak langsung antara kedai kopi satu dengan yang lain. Hal ini sejatinya membutuhkan adanya perhatian khusus bagi para pelaku bisnis dalam mengahadapi persaingan yang masif. Pemasaran merupakan salah satu hal yang vital bagi pelaku usaha. Strategi pemasaran dapat dikatakan sebagai salah upaya yang dilakukan guna melayani konsumen secara langsung. Adapun dalam menjalankan bisnis, salah satu faktor yang tidak kalah penting bagi seorang musli adalah dengan melakukan bisnis berdasar pada norma atau etika. Hal tersebut bertujuan agar pelaku bisnis tidak melanggar dari apa yang telah ditetapkan dan diajarkan oleh agama. Maka darinya, dalam hal ini, peneliti akan meneliti bagaimana strategi pemsaran dalam perspektif Etika Bisnis Islam. Adapun objek dalam penelitian ini yakni Coffee Shop “Warkeb Flamboyan”. Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran di Coffee Shop “Warkeb Flamboyan” dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Adapun hasil dalam penelitian ini, yakni strategi pemasaran pada Coffee Shop “Warkeb Flamboyan” dapat ditinjau berdasar pada bauran pemasaran 4P yang diantaranya yakni, Pertama, Price/ Harga, Coffee Shop “Warkeb Flamboyan” menetapkan harga yang kurang lebih sesuai dengan rata-rata harga yang ditawarkan di beberapa kedai kopi lain. Kedua, Product/Produk, Produk yang ditawarkan dalam kedai kopi ini juga dapat dibilang beragam. Ketiga, Place/ Tempat, Pemilik kedai tersebut meyakini bahwa suasana yang berbeda merupakan salah satu hal yang ingin ditawarkan. Keempat, Promosi, Promosi yang digalakkan oleh Coffee Shop “Warkeb Flamboyan” adalah dengan memasarkan produknya ke berbagai platform media sosial. Salah satu diantaranya yakni melalui media sosial Instagram. Berdasar pada prinsip dalam etika bisnis Islam yang di dalamnya mencakup kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan juga kebenaran: kebaikan dan kejujuran, dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran dalam Coffee Shop “Warkeb Flamboyan” sesuai denga napa yang menjadi prinsip prinsip dalam etika bisnis Islam
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasaran, Coffee Shop, Warkeb Flamboyan, Etika bisnis Islam | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
| Depositing User: | Qodariyah Siti Nurlaelatul | ||||||||
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 07:07 | ||||||||
| Last Modified: | 05 Dec 2025 07:07 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
