Yuliannisa, Rahma (2023) Pengaruh Kemudahan, Kenyamanan dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking pada E-Commerce (Studi Kasus pada Masyarakat Pengguna Mobile Banking di Kelurahan Sragi). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
4219124 -Bab1&5.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
4219124 - Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
4219124 -Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Munculnya teknologi informasi yang semakin canggih menjadikan prospek komersial dapat dimanfaatkan oleh setiap orang dengan ponsel. Internet digunakan sebagai alat komunikasi dan bisnis selain sebagai sumber kesenangan. Industri perbankan hanyalah salah satu dari sekian banyak perusahaan dari berbagai sektor yang terhubung melalui internet. Internet dimanfaatkan dalam industri perbankan sebagai alat untuk membantu meningkatkan efisiensi kegiatan keuangan dengan adanya kemajuan teknologi informasi yang semakin tahun semakin modern. Untuk memanfaatkan pergeseran pola transaksi antar nasabah dari tradisional ke digital, dikembangkanlah mobile banking. Selain mobile banking, perdagangan elektronik atau e-commerce juga dipengaruhi oleh kemajuan teknologi informasi. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Dimana variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kemudahan, Kenyamanan, Kepercayaan dan Minat. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna mobile banking di Kelurahan Sragi. Sedangkan pengambilan sampelnya dilakukan menurut rumus lemeshow dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah penyebaran kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil variabel kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan mobile banking pada ecommerce, variabel kenyamanan berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan mobile banking pada e-commerce, dan variabel kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan mobile banking pada ecommerce.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | mobile banking, e-commerce, kemudahan, kenyamanan, kepercayaan. | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
| Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 03:34 | ||||||||
| Last Modified: | 10 Dec 2025 03:34 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16941 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
