Pengaruh Kemudahan, Kenyamanan dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking pada E-Commerce (Studi Kasus pada Masyarakat Pengguna Mobile Banking di Kelurahan Sragi)

Yuliannisa, Rahma (2023) Pengaruh Kemudahan, Kenyamanan dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking pada E-Commerce (Studi Kasus pada Masyarakat Pengguna Mobile Banking di Kelurahan Sragi). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4219124 -Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4219124 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4219124 -Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Munculnya teknologi informasi yang semakin canggih menjadikan prospek komersial dapat dimanfaatkan oleh setiap orang dengan ponsel. Internet digunakan sebagai alat komunikasi dan bisnis selain sebagai sumber kesenangan. Industri perbankan hanyalah salah satu dari sekian banyak perusahaan dari berbagai sektor yang terhubung melalui internet. Internet dimanfaatkan dalam industri perbankan sebagai alat untuk membantu meningkatkan efisiensi kegiatan keuangan dengan adanya kemajuan teknologi informasi yang semakin tahun semakin modern. Untuk memanfaatkan pergeseran pola transaksi antar nasabah dari tradisional ke digital, dikembangkanlah mobile banking. Selain mobile banking, perdagangan elektronik atau e-commerce juga dipengaruhi oleh kemajuan teknologi informasi. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Dimana variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kemudahan, Kenyamanan, Kepercayaan dan Minat. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna mobile banking di Kelurahan Sragi. Sedangkan pengambilan sampelnya dilakukan menurut rumus lemeshow dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah penyebaran kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil variabel kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan mobile banking pada ecommerce, variabel kenyamanan berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan mobile banking pada e-commerce, dan variabel kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan mobile banking pada ecommerce.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDevy, Happy SistaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: mobile banking, e-commerce, kemudahan, kenyamanan, kepercayaan.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 10 Dec 2025 03:34
Last Modified: 10 Dec 2025 03:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16941

Actions (login required)

View Item View Item