PENGARUH PENGETAHUAN, PERSEPSI, DAN MINAT MAHASISWA TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA (STUDI KASUS MAHASISWA FEBI UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN)

Listiaroh, Listiaroh (2023) PENGARUH PENGETAHUAN, PERSEPSI, DAN MINAT MAHASISWA TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA (STUDI KASUS MAHASISWA FEBI UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4218076_Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4218076_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
4218076_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pengetahuan, persepsi dan minat menabung menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam menabung di BSI Indonesia. pengetahuan tentang pentingnya menggunakan BSI harus lebih diutamakan agar keputusan nasabah dalam menabung di BSI semakin meningkat. Persepsi dari mahasiwa juga dapat ditingkatkan dengan dorongan dari individu lain sehingga minat menabung juga semakin tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, persepsi, dan minat mahasiswa FEBI terhadap keputusan menabung di Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Total populasi sebanyak 2.569 mahasiswa FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan yang aktif, dengan menggunakan teknik random sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 97 responden yang diambil dengan menggunakan metode slovin. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, yang terdiri dari satu variabel dependen dan tiga variabel independen. Penelitian ini di uji dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pengetahuan, persepsi, dan minat berpengaruh signifikan dan positif terhadap variabel keputusan menabung yang mampu mempengaruhi sebesar 71,5%, dan untuk sisanya 28,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar riset ini. Kemudian variabel pengetahuan, persepsi, dan minat berpengaruh secara simultan terhadap variabel keputusan menabung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetiawan, DrajatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Persepsi, Minat, dan Keputusan Menabung.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Sahal Sahal
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:17
Last Modified: 11 Dec 2025 08:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16951

Actions (login required)

View Item View Item