Roin, Muftaur (2020) Studi Komparasi Kemampuan Menghafal Juz ‘Amma Antara Lulusan MI Dan SD Negeri Pada Siswa Kelas VII MTS Ribatul Muta’allimin Pekalongan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Dunia teknologi yang semakin hari semakin canggih menimbulkan suatu fenomena yang sangat memperihatinkan, dimana banyak orang yang tidak memahami Al-Qur’an, hal ini karena kebanyakan orang sudah terpengaruh dengan kemajuan teknologi dan tidak diimbangi dengan ilmu agama. Fenomena ini bisa disikapi dengan penanaman pendidikan agama sejak dini, yakni melalui hafalan Juz ‘Amma karena hafalan Juz ‘Amma ini diharapkan dapat menjadi bagian yang menyatu dalam perilaku siswa sehari-hari dalam lingkungan sekolah dan masyarakat. Namun banyak dijumpai siswa yang belum lancar dalam menghafal Al-Qur‟an (Juz ‘Amma). Secara kasat mata lulusan MI dianggap lebih memiliki kemampuan menghafal Al-Qur‟an (Juz ‘Amma) lebih baik dibandingkan dengan lulusan SD Negeri. Hal ini dikarenakan banyak orang yang berfikiran bahwa di SD Negeri mata pelajaran agama sangat sedikit. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan menghafal Juz ‘Amma antara lulusan MI Dan SD Negeri pada siswa kelas VII MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan tahun ajaran 2019/2020. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan yang berjumlah 127 siswa yang lulusan MI dan 89 siswa lulusan SD Negeri. Pengambilan sampel yang dilakukan oleh peneliti adalah teknik pengambilan sampel dengan probability sampling yaitu proportionate random sampling dengan hasil 40 siswa lulusan MI dan 28 siswa lulusan SD Negeri. Metode pengumpulan data adalah Tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menghafal Juz ‘Amma siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan siswa lulusan SD Negeri kelas VII di MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis yang menggunakan Uji T-Test (Independent Sample Test) bahwa hasil nilai signifikansi 2-tailed (Sig. 2-tailed) sebesar 0,043 lebih kecil dari probabilitas 0,05 (p= 0,043 < 0,05). Hasil perbedaan ini diperkuat juga oleh perbedaan mean dari kedua sampel, yaitu = 72,12 dan = 65,64.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menghafal Juz ‘Amma, Lulusan MI dan SD Negeri | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2022 03:30 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 03:30 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1696 |
Actions (login required)
View Item |