Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Masyarakat Dalam Menggunakan Jasa KSPPS Baitul Tamwil Muhammadiyah Kajen (Studi Kasus pada Masyarakat Desa Sinangohprendeng, Kec Kajen, Kab Pekalongan )

Alifiani, Mutiara (2023) Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Masyarakat Dalam Menggunakan Jasa KSPPS Baitul Tamwil Muhammadiyah Kajen (Studi Kasus pada Masyarakat Desa Sinangohprendeng, Kec Kajen, Kab Pekalongan ). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4218029_Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4218029_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4218029_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Baitul Tamwil Muhammadiyah (BTM), BTM merupakan gerakan dakwah Muhammadiyah berupa badan hukum koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS). Secara definisi, Baitul Tamwil berdasar dari gabungan dua kata: Bait dan Tamwil, aslinya maal atau harta (pengembangan kekayaan). Secara menyeluruh, Baitul Tamwil di artikan tempat pengembangan ekonomi. Melalui dana dari setoran zakat, infaq dan sedekah. Di BTM sektor sosial dihapuskan karena Muhammadiyah telah memiliki lembaga amil zakat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 77 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode non probability sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji instrument data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan variabel Pengetahuan, Religiusitas, Kualitas Pelayanan dan Lokasi berpengaruh positif terhadap Keputusan masyarakat desa Sinangohprendeng dalam menetapkan jasa KSPPS BTM KAJEN, Variabel Pengetahuan berpengaruh terhadap keputusan menggunakan jasa KSPPS BTM KAJEN, Variabel Religiusitas memiliki pengaruh terhadap keputusan menggunakan jasa KSPPS BTM KAJEN, Variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap keputusan menggunakan jasa KSPPS BTM KAJEN dan Variabel Lokasi tidak berpengaruh terhadap keputusan menggunakan jasa KSPPS BTM KAJEN, berdasarkan uji R2 didapatkan hasil nilai koefisien determinan senilai 0,262 atau 26,2%, Maka hal ini menandakan sekitar 26,2% variabel Keputusan menggunakan jasa KSPPS BTM KAJEN dijelaskan oleh Pengetahuan, Religiusitas, Kualitas Pelayanan dan Lokasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMa’shum, KhafidzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BTM, pengaruh pengetahuan, religiusitas, kualitas pelayanan, lokasi, keputusan.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 18 Dec 2025 04:48
Last Modified: 18 Dec 2025 04:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17007

Actions (login required)

View Item View Item