Sumiyati, Karim (2021) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam novel Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (PAI)Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.
|
Text
2021214483_Bab1&5.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
2021214483_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
2021214483_Lampiran.pdf Download (446kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan proses untuk mengubah dan menjadikan manusia yang beradab dan beriman sesuai dengan nilai-nilai Islam. Pendidikan juga merupakan proses untuk memanusiakan manusia. Pendidikan sebagai pemberi arahan atau petunjuk kepada manusia untuk melakukan kebaikan sesuai dengan tuntunan Islam yaitu Al-Quran dan As-Sunnah. Pendidikan dan nilai-nilai pendidikan Islam yang di dalamnya seperti nilai aqidah, nilai ibadah dan nilai akhlak menjadi sangat penting untuk diketahui dan di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat menjadi manusia yang seutuhnya. Penelitian ini, peneliti mengajukan permasalahan tentang nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalan novel Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan. Relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Cahaya Cinta Pesantren terhadap tujuan pendidikan Islam. Adakah relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel dengan tujuan pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam novel Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan. Mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian berupa penelitian pustaka atau library research. Sedangkan pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis isi atau content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan secara umum terbagi menjadi tiga macam yaitu: 1. Nilai-nilai aqidah yang mencakup enam hal yaitu, beriman kepada Allah, beriman kepada malaikat-malaikat Allah, beriman kepada kitab-kitab Allah, beriman kepada Nabi dan Rasul Allah, beriman kepada hari Akhir, beriman kepada Takdir Allah. 2. Nilai-nilai Ibadah meliputi, ibadah shalat, menikah. 3. Nilai-nilai Akhlak meliputi, Akhlak kepada Allah( Bersyukur, ikhlas), akhlak kepada orangtua, akhlak kepada guru, dan akhlak kepada teman.
| Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Pendidikan Islam | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 02:55 | ||||||||
| Last Modified: | 23 Dec 2025 02:55 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17043 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
