Project-Based Learning In Merdeka Curriculum: English Teachers’ Challenges And Strategies At Pekalongan Senior High School

Sariana, Putri (2025) Project-Based Learning In Merdeka Curriculum: English Teachers’ Challenges And Strategies At Pekalongan Senior High School. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
20522009_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20522009_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20522009_LampiranSkripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Project-Based Learning (PjBL) menjadi salah satu model pembelajaran yang diterapkan dalam Kurikulum Merdeka. Hal ini dinilai mampu meningkatkan keaktifan siswa melalui pembelajaran berbasis proyek. Namun, implementasi PjBL dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat SMA di Pekalongan belum sepenuhnya berjalan optimal karena para guru masih dihadapkan pada berbagai tantangan dan perlunya strategi untuk mengatasi tantangan tersebut. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai tantangan serta mengeksplorasi strategi yang digunakan guru bahasa Inggris dalam menerapkan Project-Based Learning (PjBL) Sekolah Menengah Atas di Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan observasi kelas, kemudian dianalisis menggunakan thematic analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menghadapi lima tantangan utama, yaitu keterbatasan alokasi waktu, ketergantungan pada teknologi, kesulitan memastikan topik yang relevan, kompleksitas penilaian, dan kesulitan dalam merencanakan proyek siswa. Namun demikian, guru bahasa Inggris di sekolah tersebut telah menerapkan lima strategi untuk mengatasi tantangan tersebut. Strategi tersebut yaitu pengaturan fleksibilitas waktu, integrasi teknologi dengan bimbingan guru, penguatan kolaborasi antarguru, peningkatan manajemen penilaian, serta peningkatan pengembangan profesional guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHayudinna, Hafizah Ghany19900412 202321 2 051-
Uncontrolled Keywords: Project-Based Learning, tantangan PjBL, strategi PjBL
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 24 Dec 2025 03:32
Last Modified: 24 Dec 2025 03:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17090

Actions (login required)

View Item View Item