Implementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 6 Kota Pekalongan

Rokhmah, Nur (2021) Implementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 6 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2021116101_Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2021116101_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2021116101_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran e-learning menjadi sebuah inovasi untuk mendistribusikan model yang baik, interaktif serta berpusat pada peserta didik. Khan juga menambahkan bahwa ada beberapa aspek yang harus dipahami oleh lembaga yang ingin menerapkan pembelajaran daring antara lain: desain pembelajaran, peralatan pendukung internet, komputer dan penyimpanan data, layanan dan penyambungan provider, program manajemen, merencanakan sumber perangkat lunak dan standar-standarnya, serta layanan dan aplikasi sambungan. Dari dasar pemikiran diatas maka penulis mengemukakan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Kota Pekalongan?Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 6 Kota Pekalongan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pertama, impelemntasi pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Kota Pekalongan berjalan dengan baik yang optimal dan sesuai. Kedua, faktor pendukung dan penghambat impelemntasi pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Kota Pekalongan dapat mempermudah proses dalam pembelajaran daring adapun faktor penghambat dari pihak sekolah sudah mempunyai solusi untuk menangani hal tersebut supaya tidak mengganggu proses berjalannya pembelajaran daring yang ada. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran daring yaitu dengan metode ceramah, metode diskusi dan metode inquiri. Metode ceramah dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi google meet atau dengan rekaman suara yang dikirimkan ke whatsapp group. Metode tanya jawab juga menggunakan google meet namun karena terbatasnya waktu metode tanya jawab dialihkan dengan menggunakan whatsapp group dengan cara menggunakan voice note. Sedangkan metode inquiri dengan berdiskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, RakhmatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 24 Dec 2025 01:27
Last Modified: 24 Dec 2025 01:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17100

Actions (login required)

View Item View Item