Pengaruh Penerapan E-Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas XI Di SMK Islam Bojong Kec. Bojong Kab. Pekalongan

Arifiani, Hasna Naafi (2021) Pengaruh Penerapan E-Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas XI Di SMK Islam Bojong Kec. Bojong Kab. Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2117194_Bab1&5.pdf

Download (406kB)
[img] Text
2117194_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text
2117194_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Penerapan media pembelajaran dan informasi berbasis teknologi dalam pendidikan merupakan strategi pembelajaran yang semakin beragam, efektif dan efisien. E-belajar berbasis e-learning merupakan media pembelajaran berbasis jaringan. Kelebihan dari E-Belajar berbasis E-Learning antara lain terdapat materi kuis, forum diskusi, media gambar atau video dalam suatu kemasan E-Belajar berbasis E-Learning. Media pembelajaran bukanlah salah satu faktor meningkatkan prestasi belajar. Prestasi belajar di sebabkan oleh beberapa faktor yakni faktor internal dan eksternal, faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi peningkatan prestasi belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana Penerapan E- Belajar Dalam Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMK Islam Bojong Kec. Bojong Kab. Pekalongan?, 2) Bagaimana Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMK Islam Bojong Kec. Bojong Kab. Pekalongan?, 3)Bagaimana Pengaruh Penerapan E-Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMK Islam Bojong Kec. Bojong Kab. Pekalongan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui Sejauh Mana Penerapan E-Belajar Dalam Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMK Islam Bojong Kec. Bojong Kab. Pekalongan. 2) Mengetahui Sejauh Mana Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK Islam Bojong Kec. Bojong Kab. Pekalongan, 3) Mengetahui Sejauh Mana Pengaruh Penerapan E-Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK Islam Bojong Kec. Bojong Kab. Pekalongan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menghasilkan analisis yang menggunakan analisis statistik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode penyebaran angket dan dokumentasi. Responden yang dipilih yaitu sebanyak 25 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis data penggunaan media E-Belajar pada prestasi belajar pendidikan agama islam kelas XI di SMK Islam Bojong diperoleh sebesar 1614 dan nilai rata-ratanya 64,56 dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 44. Prestasi belajar pendidikan agama islam kelas XI di SMK Islam Bojong Kec. Bojong Kab. Pekalongan sebesar 2036 dan nilai rata-ratanya sebesar 81,44 dengan nilai tertinggi 87 dan nilai terendah 74. Selain itu adanya pengaruh penggunaan media E-Belajar prestasi belajar pendidikan agama islam adalah 21,2%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara media E-Belajar terhadap Prestasi belajar pendidikan agama islam sebesar 21,2%, Sedangkan sisanya 78,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorShofa, Eros MeilinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media E-Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 24 Dec 2025 02:08
Last Modified: 24 Dec 2025 02:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17106

Actions (login required)

View Item View Item