Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas Vii di SMP Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal

UNSPECIFIED (2020) Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas Vii di SMP Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.id

Abstract

Setiap siswa dalam lingkungan sekolah pasti membutuhkan komunikasi antar pribadi. Sedangkan siswa yang memiliki dan dapat menggunakan kemampuan interpersonalnya dengan baik, maka dapat membantunya dalam proses belajar mengajar di sekolah. Adanya komunikasi interpersonal, siswa mendapatkan informasi satu sama lain, menambah pengetahuan dan dapat memperdalam ilmu yang dapat dipelajari, sehingga kecerdasan interpersonal yang dimiliki siswa dapat menunjang pada prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa kelas VII di SMP Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Siswa memiliki kecerdasan interpersonal yang baik pada indikator sikap empati dan memiliki kecerdasan interpersonal yang sangat baik pada indikator sikap prososial, sikap kesadaran diri, pemahaman etika dan situasi sosial, keterampilan pemecahan masalah, mendengarkan efektif, dan komunikasi dengan santun. (2) Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa berada pada interval 82,25< X<85,15 dan masuk pada kategori sedang.(3) Berdasarkan hasil output yang sudah diujikan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. T hitung dan t tabelnya adalah 5,366 > 1,99300. Garis grafik naik ke kanan memperlihatkan ada pengaruh positif variabel kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel kecerdasan interpersonal berperngaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMP Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal dengan taraf kesalahan 5 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Interpersonal, Prestasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X5.1 Akhlak, Akhlaq
Depositing User: Thohirin Thohirin
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:54
Last Modified: 15 Aug 2022 03:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1711

Actions (login required)

View Item View Item