Randa, Randa (2021) Servant Leadership Dalam Membentuk Akhlak Guru Dan Siswa Pada Lembaga Pendidikan Islam Di MTs Nurul Islam Pekalongan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.
|
Text
2117178_Bab1&5.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
2117178_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
2117178_Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Salah satu komponen penting dalam manajemen sekolah adalah peran kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan yang secara langsung bertanggung jawab terhadap keseluruhan proses akademik di sekolah. Beberapa indikator terjadinya krisis kepercayaan kepada pemimpin di lembaga pendidikan Islam antara lain berupa pelayanan yang belum memenuhi harapan. Konsep kepemimpinan yang diterapkan kepala MTS Nurul Islam Pekalongan memiliki konsep yang sama dengan servant leadership(pemimpin yang melayani) dalam melaksanakan kepemimpinannya. Perilaku atau akhlak yang dicerminkan dari seorang servant leaders yaitu cenderung menjadi teladan untuk mempengaruhi orang-orang yang dipimpinnya. Rumusan Masalah berdasarkan latar belakang penelitian yaitu 1)Bagaimana pelaksanaan Servant Leadership di MTs Nurul Islam Pekalongan? 2)Apakah Servant Leadership dapat berkontribusi dalam membentuk akhlak guru dan siswa di MTs Nurul Islam Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Servant Leadership di MTs Nurul Islam Pekalongan dan mendeskripsikan kontribusi Servant Leadership dalam membentuk akhlak guru dan siswa di MTs Nurul Islam Pekalongan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) DENGAN pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik Analisis data yang digunakan yaitu redukasi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Secara garis besar bahwa model kepemimpinan yang melayani (servant leadership) sangat berkontribusi dalam membentuk akhlak guru dan siswa di MTs Nurul Islam Pekalongan, dan ini sudah berjalan dengan sangat baik. Hal ini ditunjukkan dari karakteristik yang dimiliki dari model kepemimpinan ini telah dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam hal kemampuannya dalam mendengarkan harapan dari warga sekolah, berempati, memiliki dan meningkatkan kesadaran diri warga sekolah, membangun kekuatan persuasif yang menyatukan kebersamaan diantara warga sekolah, memiliki konseptualisasi dan kemampuan menyembuhkan, mampu melayani warga sekolah, memiliki komitmen terhadap pengembangan individu dan memiliki visi dan misi yang jelas demi masa depan sekolah serta memiliki kemampuan membangun komunitas
| Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Servant Leadership, Akhlak Guru Dan Siswa | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 04:03 | ||||||||
| Last Modified: | 24 Dec 2025 04:03 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17135 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
