Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Ma’had Mesbah El-Ulum Narathiwat Thailand

Kusakira, Tupae (2020) Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Ma’had Mesbah El-Ulum Narathiwat Thailand. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.id

Abstract

Budaya sebagai suatu kebenaran bahwa tidak ada manusia yang hidup bermasyarakat yang tidak didasari oleh nilai-nilai budaya yang diakui masyarakat itu. Nilai-nilai budaya itu dijadikan dasar dalam pemberian makna terhadap suatu konsep dan arti dalam komunikasi antar anggota masyarakat itu. Posisi budaya yang demikian penting dalam kehidupan masyarakat mengharuskan budaya menjadi sumber nilai dalam pendidikan Karakter. Optimal atau tidaknya prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh faktor internal ataupun eksternal, salah satu faktor eksternalnya bisa jadi dipengaruhi oleh faktor budaya sekolah, budaya sekolah yang kurang maksimal bisa berdampak pada prestasi belajar. Karena budaya sekolah merupakan hal yang penting dalam menunjang keberhasilan dalam prestasi belajar siswa yang diterapkan di sekolah, yang di dalamnya tergabung guru, siswa dan materi pembelajaran yang telah diterapkan, bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar agar lebih baik dalam perkembangan siswa. Berdasarkan uraian di atas, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana budaya sekolah di Ma’had Mesbah El-Ulum Narathiwat Thailand ? (2) Bagaimana prestasi belajar di Ma’had Mesbah El-Ulum Narathiwat Thailand ? (3) Apakah terdapat pengaruh budaya sekolah terhadap prestasi belajar siswa di Ma’had Mesbah El-Ulum Narathiwat Thailand ?. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui budaya sekolah di Ma’had Mesbah El-Ulum Narathiwat Thailand (2) Untuk mengetahui prestasi belajar di Ma’had Mesbah El-Ulum Narathiwat Thailand (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh budaya sekolah terhadap prestasi belajar siswa di Ma’had Mesbah El-Ulum Narathiwat Thailand dan seberapa besar pengaruh yang diberikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun variabel independennya adalah Budaya Sekolah, variabel dependennya adalah Prestasi Belajar Siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus analisis regresi linear. Hasil penelitian ditemukan bahwa budaya sekolah dalam kategori sangat baik yakni pada interval 47-53 dengan mean 46,9 dengan kriteria 3,33% sangat rendah, 6,67% rendah, 13,33% baik, 30% cukup baik, dan 43,33% sangat baik, untuk prestasi belajar siswa sendiri tergolong dalam kriteria sangat baik juga yakni pada interval 82-89 dengan mean 78,67 dengan kriteria 3,33% rendah, 13,33% baik, 33,33% cukup baik, dan 50% sangat baik, dan untuk penelitian ada tidaknya pengaruh antar keduanya didapati hasil Thitung = 0,04 pada taraf signifikansi 5% sedangkan nilai Ttabel = 2,048. Maka Thitung = 0,04 < Ttabel = 2,048, jadi dapat disimpulkan bahwa Ho diterima, dan Ha diteolak, dengan kata lain variabel X independen (Budaya Sekolah) tidak terdapat pengaruh terhadap variabel Y dependen (Prestasi Belajar). Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya sekolah dengan prestasi belajar siswa kelas XII di Ma’had Mesbah el-Ulum Narathiwat Thailand. Selanjutnya berdasarkan perhitungan dengan program IBM SPSS Statistics versi 20 diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) yang ditunjukkan pada R Square yaitu 0,000%. Hal ini berarti bahwa tidak terdapat pengaruh yang diberikan oleh budaya sekolah terhadap prestasi belajar sebesar 0%, dan sisanya dipengaruhi dengan variabel lain. Artinya budaya sekolah tidak berpengaruh pada prestasi belajar siswa, tetapi prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel lain seperti faktor internal siswa itu sendiri seperti minat, motivasi dan kemauan belajar siswa itu sendiri dan faktor eksternal siswa seperti faktor lingkungan, faktor dukungan keluarga karena prestasi belajar siswa tidak hanya menjadi tugas guru saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDPrameti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Budaya Sekolah, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.13 Interaksi Sosial dalam Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thohirin Thohirin
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:59
Last Modified: 15 Aug 2022 03:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item View Item