Pengaruh hasil belajar ranah kognitif dan psikomotorik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pengamalan ibadah siswa kelas VIII di SMP N 1 Wiradesa

Nur Islamiyati, Dina (2020) Pengaruh hasil belajar ranah kognitif dan psikomotorik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pengamalan ibadah siswa kelas VIII di SMP N 1 Wiradesa. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang paling penting dalam membina kepribadian siswa agar tumbuh dan berkembang menjadi insan kamil, cerdas dan terampil sekaligus bertaqwa kepada Allah SWT. Dengan demikian maka akan tercipta pribadi-pribadi yang berjiwa religius yang mengamalkan apa yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Hasil Belajar Ranah Kognitif dan Psikomotorik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Pengamalan Ibadah Siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya dengan metode dokumentasi yakni menggunakan data nilai rapot siswa kelas VIII SMP N 1 Wiradesa semester gasal tahun ajaran 2019/2020 serta dengan menyebar angket. Dikarenakan proses pembelajaran yang dilakukan secara daring, maka peneliti menyebar angket melalui google form. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling dengan sampel berjumlah 64 siswa dari jumlah populasi 254 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dalam pelaksanaannya yaitu dengan menggunakan rumus regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berpengaruh secara parsial terhadap pengamalan ibadah dengan persentase sebesar 11,7% . (2) hasil belajar ranah psikomotorik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berpengaruh secara parsial terhadap pengamalan ibadah dengan persentase sebesar 43,4%. (3) hasil belajar ranah kognitif dan psikomotorik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berpengaruh secara simultan terhadap pengamalan ibadah dengan persentase sebesar 48,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Kognitif, Hasil Belajar Psikomotorik, Pengamalan Ibadah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:25
Last Modified: 28 Dec 2021 06:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1720

Actions (login required)

View Item View Item