Upaya guru Al-Qur’an dalam mengatasi kesulitan belajar baca tulis Al-Qur’an pada anak di Madrasah Diniyah Darul Falah desa Kebojongan dukuh Kebukuran kecamatan Comal kabupaten Pemalang

Triani, Windah (2020) Upaya guru Al-Qur’an dalam mengatasi kesulitan belajar baca tulis Al-Qur’an pada anak di Madrasah Diniyah Darul Falah desa Kebojongan dukuh Kebukuran kecamatan Comal kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam sekaligus sumber aharan Islam yang paling utama untuk dijadikan pedoman hidup. Oleh karena itu, penting sekali untuk memplajari ilmu-ilmu Al-Qur’an. Namun, Era globalisasi seperti sekarag ini sangat berpengaruh sekali kepada seluruh umat manusia khususnya anak-anak. Hal itu menyebabkan kecintaan mereka pada Al-Qur’an semakin menurun, sehingga mereka lebih kesulitan untuk belajar Al-Qur’an. Melihat betapa pentingnya pembelajaran baca tulis Al-Qur’an, maka dalam proses pembelajaran peran guru sangat berpengaruh demi tercapainya tujuan pembelajaran. Agar tercapainya tujuan pembelajaran, guru al-Qur’an Madrasah Diniyah Darul Falah perlu melakukan upaya untuk mengatasi kesulitan belajar baca tulis al-Qur’an. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi guru al-qur’an dalam mengatasi kesulitan belajar baca tulis Al-Qur’an pada anak di Madrasah diniyah darul falah dukuh kebukuran desa Kebojongan kecamatan Comal, apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung guru dalam mengatasi kesulitan belajar baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Darul Falah desa Kebojongan dukuh kebukuran kecamatan Comal. Adapun tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui strategi guru al-qur’an dalam mengatasi kesulitan belajar baca tulis Al-Qur’an pada anak di Madrasah diniyah dukuh kebukuran desa Kebojongan kecamatan Comal, untuk mengetahui problematika dan usaha guru Al-Qur’an dalam mengatasi kesulitan belajar baca tulis Al-Qur’an di Madrsah Diniyah Darul Falah dukuh kebukuran desa Kebojongan kecamatan Comal. Kegunaan penelitian ini secara teoritis dapat memberikan masukan pada pembaca untuk mengembangkan bidang pendidikan khususnya yang berkaitan dengan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar baca tulis Al-Qur’an. Kegunaan praktisnya adalah sebagai masukan kepada pembaca akan pentingnya memperhatikan pendidikan agama dengan metode yang inovatif dan variatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Darul Falah Desa Kebojongan Dukuh Kebukuran Kecamatan Comal. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatof yaitu dalam bentuk narasi melalui proses pengumpulan data, reduksi data, sajian data, kesimpulan dan verifikasi. Penarikan kesimpulannya disusun menggunakan pola pikir induktif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an, maka guru al-Qur’an perlu memerlukan strategi khusus sebagai upaya guru dalam mengatasi kesulitan seperti mengadakan tadarus al-Qur’an, menulis arab atau penggalan ayat al-Qur’an, metode privat, dan memberikan motivasi untuk santri agar lebih semangat lagi dalam belajar. Namun dalam pembelajaran tidak sepenuhnya berjalan lancar, terdapat faktor penghambat yang dialami oleh guru al-Qur’an seperti minimnya waktu pembelajaran, suasana kurang kondusif, kurangnya variasi metode dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an. Namun disisi lain juga terdapat faktor pendukung seperti memberikan bimbingan kepada santri di luar jam kelas, sarana prasarana, kemampuan guru, dan guru yang tegas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhumaedy, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru Al-Qur’an, Kesulitan Belajar, Baca Tulis Al-Qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:24
Last Modified: 28 Dec 2021 06:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1721

Actions (login required)

View Item View Item