Pengaruh kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran PAI siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang

Utami, Ainul Feby (2020) Pengaruh kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran PAI siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Emosi berpengaruh besar terhadap kualitas dan kuantitas belajar. Emosi yang positif dapat mempercepat proses belajar dan mencapai hasil belajar yang lebih baik, begitu juga sebaliknya emosi yang negatif dapat memperlambat proses belajar. Selain emosi kedisiplinan mampu meningkatkan kualitas peserta didik menjadi lebih baik, karena kedisiplinan merupakan pondasi yang penting dalam kegiatan menanamkan pendidikan karakter bangsa. Penanaman kedisiplinan di sekolah juga merupakan hal yang sangat penting, terutama kedisiplinan dalam belajar untuk siswa yang masih pada jenjang SMP yang cenderung labil dalam hal disiplin belajar. Untuk mengukur tingkat keberhasilan kuantitas belajar, dengan demikian maka hasil belajar merupakan alat untuk mengukur perolehan dari proses belajar siswa sesuai dengan tujuan pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah, yakni : 1) Seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran PAI siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Ulujami? 2) Seberapa besar pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran PAI siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Ulujami? 3) Seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran PAI siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Ulujami? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah Propotional Random Sampling. Peneliti menggunakan rumus Slovin untuk menentukan jumlah sampel sedangkan untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) kecerdasan emosional tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran PAI siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang. 2) disiplin belajar memiliki pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran PAI siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang. 3) kecerdasan emosional dan disiplin belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran PAI siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang. Adapun bentuk persamaan regresi linier berganda yang diperoleh yaitu Y = 67,673 + 0,005X1 + 0,292X2 + e.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Disiplin Belajar, Hasil Belajar Kognitif PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:24
Last Modified: 28 Dec 2021 06:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1729

Actions (login required)

View Item View Item