Pelaksanaan Teknik Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2013 Di MTS Salafiyah Al Muttaqin Medono Kota Pekalongan

Afiyani, Nur (2020) Pelaksanaan Teknik Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2013 Di MTS Salafiyah Al Muttaqin Medono Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dalam sebuah pembelajaran tidak akan terlepas dari evaluasi, karena evaluasi sangat penting digunakan untuk melihat apakah pembelajaran tersebut sudah mencapai tujuan. Evaluasi ini juga dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk pembelajaran selanjutnya, agar bisa lebih baik dari pada sebelumnya. Teknik evaluasi yang digunakan pada pembelajaran bahasa Arab di MTs Salafiyah Al Muttaqin adalah teknik tes dan non-tes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah berupa interview yaitu penulis mengajukan beberapa pertanyaan yang telah dipersiapkan, kemudian langsung dijawab oleh informan dengan bebas terbuka. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru mapel bahasa Arab dan siswa MTs Salafiyah Al Muttaqin Pekalongan. Peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan menganalisis permasalahan pelaksanaan teknik evaluasi pembelajaran bahasa Arab kurikulum 2013 di MTs Salafiyah Al Muttaqin Pekalongan. Untuk itu peneliti merumuskan masalah sebagai berikut 1. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran b.Arab K13 di MTs Al Muttaqin? 2. Teknik evaluasi apa yang digunakan di MTs Salafiyah Al Muttaqin? 3. Apa saja kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan teknik tes dan non-tes? Hasil penelitian ini menunjukan pelaksanaan teknik evaluasi pembelajaran bahasa Arab di MTs Salafiyah Al Muttaqin Pekalongan berjalan kurang maksimal. Dari sisi pelaksanaan evaluasi yang mencangkup tes dan penilaian dalam menuyusun instrumen soal maupun instrumen penilaian kurang optimal. Dan juga dalam pelaksanaan evaluasi tes ada beberapa tes yang tidak terlaksana seperti tidak adanya penilaian tengah semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teknik Evaluasi, Pembelajaran Bahasa Arab, Kurikulum 2013
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:36
Last Modified: 15 Aug 2022 04:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1773

Actions (login required)

View Item View Item