Penggunaan laboratorium bahasa dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran bahasa Arab Maharah Kalam siswa kelas VII B di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang

Nabila, Vatin (2020) Penggunaan laboratorium bahasa dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran bahasa Arab Maharah Kalam siswa kelas VII B di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang menggunakan laboratorium bahasa dalam pembelajaran bahasa Arab maharah kalam untuk siswa kelas VII B. Penggunaan Laboratorium Bahasa dimana guru memperlihatkan gambar mufradatdan percakapan singkat tentang tema yang diajarkan, kemudia murid disuruh mencatat mufradat tesebut. Guru memberi waktu sekitar setengah jam siswa disuruh menghafal mufradat yang telah diperlihtkan dan praktik percakapan bersama teman sebangku. Di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang banyak ditemui siswa kelas tujuh yang masih mengalami kesulitan dalam berbicara Arab yang disebabkan oleh perbedaan latar belakang pendidikan siswa, ada dari Sekolah Dasar dan juga ada dari Madrasah Ibtidaiyah. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang Penggunaan Laboratorium Bahasa dalam Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kalam siswa kelas VII B di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : (1) Bagaimana penggunaan laboratorium bahasa dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran bahasa Arab maharah kalamsiswa kelas VII B di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang? (2) Apa kelebihan dan kekurangan penggunaan laboratorium bahasa dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran bahasa Arab maharah kalam siswa kelas VII B di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahuipenggunaan laboratorium bahasa dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran bahasa Arab maharah kalamsiswa kelas VII B di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang, (2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kelebihan dan kekurangan penggunaan laboratorium bahasa dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran bahasa Arab maharah kalam siwa kelas VII B di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah : metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode analisis data. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode analisis deskripstif, yaitu suatu metode penelitian dengan cara menggambarkan atau melukiskan keadaan objek penelitian pada saat sekarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penggunaan laboratorium bahasa dalam pembelajaran bahasa Arab maharah kalam siswa kelas VII B di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang sudah baik, namun belum dapat dikatakan sempurna, karena pada penggunaan laboratorium hanya masih terfokus pada pemutaran video saja saat pembelajaran berlangsung. Adapun tujuan penggunaan laboratorium bahasa diantara lain untuk melatih serta memudahkan siswa dalam mendengarkan dan berbicara bahasa asing. Materi yangditerapkan mengenaiفى المدرسة العاملون. Adapun metode yang digunakan adalah metode penggunaan laboratorium bahasa, media yang dipakai yaitu laboratorium dan buku tulis. Kemudian evaluasi dalam penggunaan laboratorium bahasa pembelajaran bahasa Arab maharah kalam yaitu dengan menggunakan tes lisan. Penggunaan laboratorium bahasadalam pembelajaran bahasa Arab maharah kalam siswa kelas VII B di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dalam penggunaan laboratorium bahasa ini diantaranya siswa semakin akif dalam berintraksi bahasa Arab dan metode tidak monoton. Adapun kekurangan dalam penggunaan laboratorium bahasayaitu latar belakang siswa yang beragam dan kurangnya media yang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFathudin, Ahmad UbaediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Laboratorium Bahasa’ dalam Maharah Kalam
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:23
Last Modified: 28 Dec 2021 06:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1774

Actions (login required)

View Item View Item