PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIMBING RELIGIUSITAS SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 BOJONG

Khotijah, Khotijah (2020) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIMBING RELIGIUSITAS SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 BOJONG. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.id

Abstract

Religiusitas dalam dunia pendidikan sangat penting, Dalam hal ini guru berupaya mengarahkan siswa untuk selalu menjalankan ibadah. Siswa SMP N 3 Bojong harus diberikan stimulus dalam menjalankan ibadah yang baik dan guru termotivasi membimbing religiusitas siswa di SMP N 3 Bojong. Dalam upaya ini diharapkan siswa terbiasa dalam menjalankan ibadah agama dan meningkatnya iman dan takwa mereka kepada Allah swt serta mempunyai pengetahuan agama yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni peran guru agama Islam dalam membimbing religiusitas siswa kelas VIII di SMP N 3 Bojong dan kegiatan yang mendukung religiusitas siswa kelas VIII di SMP N 3 Bojong. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tempat penelitan di SMP N 3 Bojong, waktu penelitian pada bulan Januari-Aggustus 2020. Subjek penelitian adalah guru PAI kelas VIII Pak Moh. Ubaedillah S.Pd.I dan informannya adalah siswa. Data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui teknik Triangulasi data kemudian data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian peran guru pendidikan agama Islam dalam membimbing religiusitas siswa kelas VIII di SMP N 3 Bojong dapat disimpulkan sebagai berikut:1) peran guru dalam membimbing religiusitas siswa kelas VIII di SMP N 3 Bojong sudah baik, perannya sebagai mediator, fasilitator, dan motivator hal ini terlihat dari cara guru dalam memberikan siswa arahan yang baik berupa materi keagamaan, kegiatan keagamaan dan memberikan konsultasi pada siswa yang memiliki problem solving. melakukan tadarus dan sholat berjamaah. 2) kegiatan yang mendukung religiusitas siswa kelas VIII di SMP N 3 Bojong sudah baik terlihat dari aktivitas yang dilakukan siswa di SMP N 3 Bojong seperti melakukan pembiasaan doa bersama sebelum masuk jam pelajaran, tadarus, salat duha, salat zuhur berjamaah, membaca asmaul husna setelah pelajaran, sedekah dan infak, kurban, latihan manasik haji, zakat, menjaga kebersihan lingkungan, malam bina iman dan intelektual atau MABIT serta peringatan hari besar Islam seperti maulid nabi, isra mikraj dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDAli, JauharUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Religiusitas Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.33 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thohirin Thohirin
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:21
Last Modified: 15 Aug 2022 06:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1782

Actions (login required)

View Item View Item