Problematika penguasaan mufradāt pada pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan

Azizah, Aryani Fikrimatul (2020) Problematika penguasaan mufradāt pada pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam pembelajaran mufradāt mengalami kendala atau permasalahan dalam prakteknya. Masalah yang dihadapi adalah banyak siswa yang kesulitan mengikuti pembelajaran bahasa Arab, terutama dalam membaca, menulis kosakata bahasa Arab serta kurangnya minat siswa dalam menghafal mufradāt. Kesulitan ini dikarenakan perbedaan latar pendidikan sebelumnya. Kebanyakan siswa di MTs Ma’arif NU Sragi merupakan lulusan dari SD, yang tidak mendapatkan mata pelajaran bahasa Arab sebelumnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana proses pembelajaran mufradāt dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan, apa saja problematika yang dihadapi siswa dalam penguasaan mufradāt pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII Mts Ma’arif NU Sragi, dan bagaimana solusi yang dilakukan guru dan siswa dalam mengatasi problematika penguasaan mufradāt pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peniliti menggunakan analisi data model Miles dan Huberman, Miles dan Huberman membagi analisis data dalam penelitian kualitatif ke dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil Penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran mufradāt sebagai berikut:guru membacakan mufradāt dan siswa menirukan, siswa membaca bersama secara berulang-berulang dengan suara lantang, guru menyuruh siswa untuk menghafalkan 10 mufradāt dan diberi waktu 5- 10 menit, kemudian siswa di tunjuk untuk menyetorkan mufradāt yang telah dihafalkan. Adapun problematika penguasaan mufradāt pada pembelajaran bahasa Arab terdapat dua kategori yaitu problem lingusitik dan non linguistik. Problem linguistik sendiri adalah Kurang lancarnya siswa dalam membaca huruf Arab, siswa kesulitan dalam menerjemahkan mufradāt,kesulitan dalam menghafal mufradāt, dan siswa masih kesulitan untuk membedakan bentuk mufradāt mudzakar, muannas, mufrad, tasniyah dan jamak. Sedangkan untuk problem non lingusitik sendiri adalah adanya latar belakang pendidikan siswa sebelum masuk MTs Ma’arif NU

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAli, JauharUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Mufradāt dan Pembelajaran Bahasa Arab. Penguasaan Mufradāt dan Pembelajaran Bahasa Arab. Penguasaan Mufradāt dan Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Depositing User: Nurul Izzah
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:51
Last Modified: 15 Aug 2022 06:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1793

Actions (login required)

View Item View Item