Strategi Guru TPQ dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan melalui Pembelajaran Ibadah pada Peserta Didik di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Huda Desa Samong Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang.

Urbakh, Nisbatul (2019) Strategi Guru TPQ dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan melalui Pembelajaran Ibadah pada Peserta Didik di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Huda Desa Samong Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa perilaku peserta didik yang kurang menghayati nilai-nilai keagamaan sebagai nilai hidup dalam keseharian. membuktikan pentingnya perhatian guru dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai- nilai keagamaan melalui pembelajaran Ibadah pada peserta didik di TPQ Nurul Huda desa Samong Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang, serta faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui pembelajaran Ibadah pada peserta didik di TPQ Nurul Huda desa Samong Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan nilai- nilai keagamaan melalui pembelajaran Ibadah pada peserta didik di TPQ Nurul Huda desa Samong Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang, serta faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui pembelajaran Ibadah pada peserta didik di TPQ Nurul Huda desa Samong Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki dan merupakan penelitian yang mendalam. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang bersifat deskriptif kualitatif dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa strategi ustadz dalam menanamkan nilai- nilai keagamaan melalui pembelajaran Ibadah pada peserta didik di TPQ Nurul Huda desa Samong Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang strategi yang kedua yaitu keteladanan,strategi yang ketiga dengan memberi nasihat, serta strategi yang ke empat dengan cerita atau kisah. Selain itu,dalam menanamkan nilai- nilai keagamaan melalui pembelajaran Ibadah terdapat beberapa faktor pendukung, diantaranya motivasi peserta didik, guru, sarana prasarana, serta keluarga. Sedangkan faktor yang menghambat dalam menanamkan nilai- nilai keagamaan melalui pembelajaran Ibadah, yaitu perbedaan karakter peserta didik dan lingkungan pertemanan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhasanah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru TPQ, Penanaman Nilai-nilai Keagamaan, Pembelajaran Ibadah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:02
Last Modified: 15 Aug 2022 07:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1798

Actions (login required)

View Item View Item