Pengaruh Penggunaan Variasi Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Usamah Kota Tegal.

Hikmawati, Nur (2020) Pengaruh Penggunaan Variasi Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Usamah Kota Tegal. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Skripsi yang membahas tentang Pengaruh Penggunaan Variasi Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Prestasi Belajar Kelas VIII SMP Islam Terpadu Usamah Kota Tegal adanya problematika yang terjadi sebelum menggunakan media yaitu bahasa Arab dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan kurang diminati siswa, sehingga guru memberikan motivasi belajar yang berupa pembelajaran yang menarik yang berupa variasi media gambar dengan tujuan agar mempermudah siswa dalam memahami kosakata-kosakata bahasa arab melalui media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui variasi media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII SMP Islam Terpadu Usamah Kota Tegal yang dihasilkan, (2) mengetahui prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Usamah Kota Tegal, (3) mengetahui pengaruh variasi media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Usamah Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif , pada penelitian ini menggunakan angket kuesioner, yaitu variabel X adalah penggunaan variasi media gambar dan variabel Y adalah prestasi belajar siswa. Sampel penelitiannya adalah kelas VIII SMP IT Usamah. Untuk mengetahui adanya pengaruh atau tidak peneliti melakukan pengujian linearitas menggunakan SPSS 20.0 uji linearitas dan pengujian hipotesis, dimana pada pengujian linearitas dalam penelitian ini menunjukan bahwa deviation linearity adalah 0.126 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa antara variabel bebas dan variabel terikat saling mempengaruhi. Dan diperkuat dengan adanya pengujian hipotesis, dimana jika probalitas signifkan < 0,05 maka hipotesis diterima dan jika probalitas signifikan > 0,05 maka hipotesis ditolak,

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAli, JauharUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Pembelajaran Bahasa Arab, Prestasi Belajar
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurul Izzah
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:32
Last Modified: 15 Aug 2022 02:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1799

Actions (login required)

View Item View Item