Pengaruh Kemampuan Baca Tulis Alquran Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII MTs As’said Blado Batang Tahun Pelajaran 2018/2019.

Muryanti, Dwi (2019) Pengaruh Kemampuan Baca Tulis Alquran Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII MTs As’said Blado Batang Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Materi Baca Tulis Alquran merupakan dasar dalam proses pembelajaran qur’an hadits secara berkesinambungan, oleh karena itu layak untuk mendapatkan perhatian tersendiri dalam kegiatan belajar-mengajar. Selain itu, banyak lembaga-lembaga formal yang lalai atau menganggap sepele terhadap pentingnya membaca dan menulis Alquran, sehingga anak didik mereka cenderung malas dalam mempelajari baca tulis Alquran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan Baca Tulis Alquran siswa kelas VIII MTs As’said Blado Batang Tahun Pelajaran 2018/2019? Bagaimana prestasi belajar mata pelajaran qur’an hadits siswa kelas VIII MTs As’said Blado Batang Tahun Pelajaran 2018/2019? Bagaimana pengaruh kemampuan Baca Tulis Alquran terhadap prestasi belajar mata pelajaran qur’an hadits siswa kelas VIII MTs As’said Blado Batang Tahun Pelajaran 2018/2019? Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitain ini adalah siswa kelas VIII MTs As’said Blado Batang Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 179 siswa, sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling atau sampel acak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah rumus statistik product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Kemampuan baca tulis Alquran siswa kelas VIII MTs As’said Blado Batang tahun pelajaran 2018/2019 adalah baik. Hal ini berdasarkan persentase jumlah terbanyak atau mayoritas siswa mendapatkan kategori penilaian baik sebanyak 26 siswa atau sebesar 57,8 %. Kedua, Prestasi belajar mata pelajaran Qur’an Hadits siswa kelas VIII Mts As’said Blado Batang tahun pelajaran 2018/2019 adalah baik. Hal ini berdasarkan persentase jumlah terbanyak atau mayoritas prestasi belajar siswa mendapatkan kategori penilaian baik sebanyak 29 siswa atau sebesar 64,5 %. Ketiga, Pengaruh kemampuan baca tulis Alquran terhadap prestasi belajar mata pelajaran Qur’an Hadits siswa kelas VIII MTs As’said Blado Batang tahun pelajaran 2018/2019 adalah cukup atau sedang. Hal ini berdasarkan perhitungan didapatkan nilai rxy = 0,651 lebih besar dari pada nilai pada tingkat kesalahan 5 % (0,05) sebesar 0,242 dan lebih besar pula dari pada nilai rt pada tingkat kesalahan 1 % (0,01) sebesar 0,338 atau dengan kata lain (0,651 > 0,242 dan 0,651 > 0,338) maka dapat dikatakan bahwa ditolak, diterima. Dengan demikian hipotesis yang ajukan dapat diterima kebenarannya. Nilai koefisien determinasi dari penelitian ini adalah 65,1 % artinya bahwa variabel kemampuan baca tulis Alquran berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran Qur’an Hadits siswa kelas VIII MTs As’said Blado Batang tahun pelajaran 2018/2019 sebesar 65,1 % sedangkan sisanya sebesar 34,9 % dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel kemampuan baca tulis Alquran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKaryanto, UmumUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Baca Tulis Alquran, Prestasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:04
Last Modified: 15 Aug 2022 07:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1800

Actions (login required)

View Item View Item