Atina, Rif (2020) Implementasi Media Pembelajaran Visual pada Pembelajaran Bahasa Arab Mahārah Kalam kelas VIII di MTs Salafiyah NU Karaganyar Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (6MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
MTs Salafiyah NU Karaganyar Tirto Pekalongan menggunakan Media PembelajaranVisual dalam pembelajaran bahasa Arab mahārah kala ̅m untuk siswa kelas VIII. Media Pembelajaran Visual merupakan media yang bersifat sederhana. Siswa diharapkan lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Metode permainan berupa tebak gambar membantu peserta didik dalam berbicara bahasa Arab.Dengan menggunakan media Pembelajaran Visual ini peserta didik disuruh menebak gambar dan membuat kalimat sederhana Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Implementasi media pembelajaran visual pada pembelajaran bahasa arab mahārah kala ̅m kelas VIII di MTs Salafiyah NU Karaganyar Tirto Pekalongan? (2) Apa kelebihan dan kekurangan Implementasi media pembelajaran visual pada pembelajaran bahasa arab mahārah kala ̅mkelas VIII di MTs Salafiyah NU Karaganyar Tirto Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan implementasi media pembelajaran visual pada pembelajaran bahasa Arab mahārah kala ̅mkelas VIII di MTs Salafiyah NU Karaganyar Tirto Pekalongan. (2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan media pembelajaran visual pada pembelajaran bahasa Arab mahārah kala ̅mkelas VIII di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan. Jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah : metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode analisis data. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode analisis deskripstif, yaitu suatu metode penelitian dengan cara menggambarkan atau melukiskan keadaan objek penelitian pada saat sekarang. HasilpenelitianmenunjukkanbahwaImplementasi media pembelajaranvisualpadapembelajaranbahasaarabmahārahkala ̅mkelas VIII di MTs Salafiyah NU KaraganyarTirtoPekalongansudahbaik.Karena pada langkah-langkah pembelajaran sudah sesuai dengan semestinya. Adapun tujuan penerapan media pembelajaran visual dan pembelajaran mahārahkala ̅myaitu agar memudahkan peserta didik dalam berbicara bahasa Arab dan peserta didik dapat berbicara bahasa Arab dengan baik dan benar. Adapunmetode yang digunakanyaitumetodepermainanberupatebakgambar. Sedangkanevaluasi yang
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Visual, Mahārah Kalam | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Nurul Izzah | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2022 02:39 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 02:39 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1805 |
Actions (login required)
View Item |