Penerapan metode Imlā’ dalam pembelajaran Bahasa Arab Mahārah Kitābah siswa di SMP Islam YAWAPI Bojong Pekalongan.

Khusna, Rizqi Amaliyatul (2020) Penerapan metode Imlā’ dalam pembelajaran Bahasa Arab Mahārah Kitābah siswa di SMP Islam YAWAPI Bojong Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

SMP Islam YAWAPI Bojong Pekalongan menggunakan metode imlā’ dalam pembelajaran bahasa Arab mahārah kitābah untuk siswa kelas VII. Metode imlā’ disebut juga metode dikte atau metode menulis dimana guru membacakan materi pelajaran dan siswa disuruh menulisnya dibuku tulis. Imlā’ juga dapat dilakukan dengan cara guru menuliskan materi pelajaran imlā’ di papan tulis kemudian dihapus dan menyuruh siswa untuk menulisnya kembali di buku tulisnya. Di SMP Islam YAWAPI Bojong Pekalongan banyak ditemui siswa kelas tujuh yang masih mengalami kesulitan dalam menulis Arab yang disebabkan oleh perbedaan latar belakang pendidikan siswa, ada dari Sekolah Dasar dan juga ada dari Madrasah Ibtidaiyah. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang Penerapan Metode Imlā’dalam Pembelajaran Bahasa Arab Mahārah Kitābah Siswa di SMP Islam YAWAPI Bojong Pekalongan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : (1) Bagaimana penerapan metode imlā’ dalam pembelajaran bahasa Arab mahārah kitābah siswa di SMP Islam YAWAPI Bojong Pekalongan? (2) Apa kelebihan dan kekurangan penerapan metode imlā’ dalam pembelajaran bahasa Arab mahārah kitābah siswa di SMP Islam YAWAPI Bojong Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui penerapan metode imlā’ dalam pembelajaran bahasa Arab mahārah kitābah siswa di SMP Islam YAWAPI Bojong Pekalongan, (2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan metode imlā’ dalam pembelajaran bahasa Arab mahārah kitābah siswa di SMP Islam YAWAPI Bojong Pekalongan. Penelitian ini secara teoritis diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan dunia pendidikan pada umumnya dan pada khususnya dapat memperkaya khasanah dunia pendidikan yang diperoleh dari penelitian ini. Secara praktis, dengan mengetahui penerapan metode imlā’ dalam pembelajaran mahārah kitābah, maka diharapkan dapat menjadi bahan peretimbangan dalam pemilihan metode pengajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah : metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode analisis data. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode analisis deskripstif, yaitu suatu metode penelitian dengan cara menggambarkan atau melukiskan keadaan objek penelitian pada saat sekarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode imlā’ dalam pembelajaran bahasa Arab mahārah kitābah siswa di SMP Islam YAWAPI Bojong Pekalongan sudah baik, namun belum dapat dikatakan sempurna, karena pada langkah-langkah pembelajaran hanya menerapkan metode imlā’ jenis imlā’ menyalin saja, sedangkan dalam evaluasinya menggunakan tes imlā’ menyalin dan menyimak. Adapun tujuan penerapan metode imlā’ yaitu agar memudahkan siswa dalam menulis Arab, sedangkan tujuan pembelajaran mahārah kitābah yaitu agar siswa dapat menulis kalimat bahasa Arab dengan baik dan benar. Materi yangditerapkan mengenai غرفة الجلوس. Adapun metode yang digunakan adalah metode imlā’, media yang dipakai yaitu papan tulis dan buku tulis. Kemudian evaluasi dalam penerapan metode imlā’ pembelajaran bahasa Arab mahārah kitābah yaitu dengan menggunakan tes tertulis dan lisan. Penerapan metode imlā’ dalam pembelajaran bahasa Arab mahārah kitābah siswa di SMP Islam YAWAPI Bojong Pekalongan terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dalam penerapan metode imlā’ ini diantaranya metode imlā’ merupakan metode yang mudah, dapat melatih kefokusan siswa, serta melatih mahārah kitābah siswa. Adapun kekurangan dalam penerapan metode imlā’ yaitu latar belakang pendidikan siswa yang beragam, kurangnya media yang mendukung, kesulitan dalam mengenal makharijul huruf, serta kesulitan dalam menyambung huruf hijaiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFathudin, Ahmad UbaediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Imlā’ dalam Mahārah Kitābah
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurul Izzah
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:24
Last Modified: 15 Aug 2022 07:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1809

Actions (login required)

View Item View Item