Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Siswa di MA Ribatul Muta’alimin Pekalongan

Sayidin, Achmad Subhi (2019) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Siswa di MA Ribatul Muta’alimin Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Sebagian besar guru bahasa Arab di tingkat aliyah belum sepenuhnya memiliki kemampuan pedagogik yang baik. Hal ini dibuktikan dengan masih rendahnya prestasi belajar Bahasa Arab siswa padahal kompetensi pedagogik berdampak langsung terhadap nilai mata pelajaran Bahasa Arab. MA Ribatul Muta’alimin, hanya memiliki satu guru bahasa Arab dengan mengajar 9 kelas dan siswa ±300 maka kemampuan pedagogik tidak dapat diterapkan secara maksial. Dengan fakta tersebut, peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan pedagogik guru terhadap prestasi bahasa arab siswa. Berdasarkan fakta tersebut , peneliti ingin melakukan peneltian dengan tujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru bahasa Arab, prestasi mata pelajaran bahasa Arab Peserta didik kelas 11 dan pengaruh kompetensi pedagogik guru bahasa arab terhadap prestasi mata pelajaran bahasa Arab di MA Ribatul Muta’alimin Pekalongan. Metode penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang berjumlah 98 orang, yang kemudian diambil 98 orang yang digunakan sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data kompetensi pedagogik guru melalui penyebaran angket. Sementara variabel prestasi siswa menggunakan teknik dokumentasi.Validasi yang digunakan merupakan validasi isi dengan analisis butir rumus product moment dan uji reabilitas menggunakan alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi Pedagogik guru termasuk dalam kategori baik dengan prosentase 55,11 %. Sedangkan prestasi siswa menunjukkan kategori baik dengan prosentase sebesar 55,10 %. Berdasarkan perbandingan dengan t tabel dan t hitung diketahui bahwa nilai t hitung 1,782 > 1,664, maka Ho ditolak atau yang diterima Ha yang berarti koefisien regresi diterima. Maka terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan pedagogik guru terhadap Prestasi Bahasa Arab di MA Ribatul Muta’alimin Pekalongan. Kontribusi kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi bahasa Arab sebesar 16% sedangkan sisanya 84% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasyir, MusoffaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Pengaruh, Prestasi Siswa
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 05 Jul 2021 09:20
Last Modified: 05 Jul 2021 09:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1817

Actions (login required)

View Item View Item