Peran Asatidz pondok dalam membina kedisiplinan santriwan di Pondok Pesantren International Muhammdiyah Boarding School (IMBS) Miftahul Ulum Pekajangan Kabupaten Pekalongan

Alfat, Muchamad Ichsan (2020) Peran Asatidz pondok dalam membina kedisiplinan santriwan di Pondok Pesantren International Muhammdiyah Boarding School (IMBS) Miftahul Ulum Pekajangan Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pada latar belakang masalah penelitian ini. Di Pondok Pesantren IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Kabupaten Pekalongan di dalam hubungan Ustadz dengan para santrinya tampaknya tidak hanya sebatas pada hubungan antara guru dan murid belaka. Akan tetapi, lebih dari itu yaitu hubungan timbal balik dimana santri menganggap Ustadz sebagai bapaknya sendiri, sementara itu Ustadz menganggap santrinya sebagai titipan Tuhan yang senantiasa harus dilindungi (hubungan antara orang tua dan anaknya). Disiplin yang terpaksa identik dengan ketakutan pada hukum, sedangkan kedisiplinan karena kesadaran menjadikan hukum sebagai alat yang menyenangkan di jiwa dan selalu siap untuk menaatinya. Berdasarkan pengalaman sebagian santriwan, dapat diketahui bahwa tidak semua santriwan memiliki kesadaran untuk melaksanakan seluruh kegiatan yang diadakan oleh pihak pengasuh pondok pesantren. Terlebih jika latar belakang mereka berada di pondok pesantren karena terpaksa. Sehingga mereka belum memahami sistem pendidikan di pondok pesantren. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya kedisiplinan santriwan pada setiap kegiatan yang berlangsung di pondok pesantren. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Kedisiplinan para santriwan di Pondok Pesantren IMBS Miftahul Ulum Pekajangan kabupaten Pekalongan? Bagaimana peran Asatidz Pondok dalam mengembangkan kedisiplinan santriwan di Pondok Pesantren IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Kabupaten Pekalongan?Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat Asatidz Pondok dalam mengembangkan kedisiplinan santriwan di Pondok Pesantren IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Kabupaten Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikanKedisiplinan santriwan di Pondok Pesantren IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Kabupaten Pekalongan, untuk mendeskripsikan peran Asatidz Pondok dalam mengembangkan kedisiplinan santriwan di Pondok Pesantren IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Kabupaten Pekalongan, Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat Asatidz Pondok dalam mengembangkan kedisiplinan santriwan di Pondok Pesantren IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Kabupaten Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian ini adalah Memberikan masukan kepada Asatidz Pondok Pesantren IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Kab. Pekalongan. Mengenai perannya yang begitu penting dalam mengembangkan kedisiplinan para santri, khususnya santriwan Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi lapangan. Adapun untuk sumber data mengunakan: data primer dan data sekunder Untuk metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang peneliti gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa (1)bahwa kedisiplinan santriwan di Pondok Pesantren IMBS Miftahul Ulum di kategorikan baik dengan dibuktikannya adanya beberapa program yang di berikan Asatidz (2) bahwa peran Ustadz dalam mendidik, membimbing, dan mengarahkan sangat dibutuhkan oleh para santriwan (3) faktor pendukungnya adalah para Asatidz dan lingkungan Pondok Pesantren yang mendukung. (4) Sedangkan untuk faktor penghambat yaitu dari segi Perbedaan Karakter santri dan Pola asuh orang tua

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSofa, Eros MeilinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Asatidz Pondok, Kedisiplinan, Santri
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:27
Last Modified: 15 Aug 2022 07:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1825

Actions (login required)

View Item View Item