Pengaruh penerapan peraturan kedisiplinan terhadap motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Al-Hadi Min Ahli Sunnah Wal Jama'ah Panjang Wetan Kota Pekalongan

Azizah, Ika Khaerunisa (2020) Pengaruh penerapan peraturan kedisiplinan terhadap motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Al-Hadi Min Ahli Sunnah Wal Jama'ah Panjang Wetan Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini. Di Pondok Pesantren Al-Hadi Min Ahli Sunnah Wal Jama’ah ini telah ada peraturan yang mengatur tingkah laku baik santri-santrinya maupun pengajarnya dimana, banyak sekali peraturan kedisiplinan didalamnya seperti peraturan tata tertib Pondok Pesantren dalam hal berpakaian dan berperilaku yang baik, peraturan dalam pembelajaran dalam mengaji, dan peraturan-peraturan lainnya yang berhubuungan dengan kegiatan di Pondok Pesantren. Namun dalam penerapan peraturan kedisiplinan kurang baik, terbukti dengan tidak berjalannya peraturan tersebut dengan baik sehingga membuat motivasi belajar santri kurang stabil. Padahal dengan adanya peraturan tersebut diharapkan semua santri yang berada di dalamnya dapat menaatinya dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan peraturan di Pondok Pesantren Al hadi Min Ahli Sunnah Wal Jama’ah? Bagaimana motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Al hadi Min Ahli Sunnah Wal Jama’ah? Apakah terdapat pengaruh penerapan peraturan pondok terhadap motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Al hadi Min Ahli Sunnah Wal Jama’ah? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan peraturan kedisiplinan di Pondok Pesantren Al hadi Min Ahli Sunnah Wal Jama’ah, Untuk mengetahui motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Al hadi Min Ahli Sunnah Wal Jama’ah, Untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan peraturan kedisiplinan terhadap motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Al-Hadi Min Ahli Sunnah Wal Jama’ah Panjang Wetan Kota Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian ini Memberikan konstribusi positif dan bahan evaluasi bagi para santri, asatidz, dan Pondok Pesantren Al-Hadi Min Ahli Sunnah Wal Jama’ah Panjang Wetan Kota Pekalongan terhadap motivasi belajar bagi santri melalui penerapan peraturan kedisiplinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik regresi linier sederhana, maka dapat diketahui bahwa Tingkat penerapan peraturan kedisiplinan di Pondok Pesantren Al-Hadi Min Ahli Sunnah Waljama’ah Kota Pekalongan termasuk dalam kategori cukup, yaitu berada pada interval 38,506 - 44,593 dengan nilai rata-rata 41,55. Sedangkan tingkat motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Al-Hadi Min Ahli Sunnah Waljama’ah Kota Pekalongan termasuk dalam kategori cukup yaitu berada pada interval 48,08 - 62,35 dengan nilai rata-rata 52,67. Terdapat pengaruh variabel penerapan peraturan kedisiplinan (X) terhadap motivasi belajar santri (Y) Pondok Pesantren Al-Hadi Min Ahli Sunnah Waljama’ah Kota Pekalongan yaitu positif atau signifikan hal ini dibuktikan dari analisis data regresi linier sederhana didapat nilai ∝ = 7,043 dan nilai koefisien b = 0,1098, dengan rumus persamaan regresinya adalah Y = ∝ + bX , jadi Y = 7,043 + 0,1098X. Kemudian diperoleh thitung = 7,436, selanjutnya pada tingkat signifikansi 5% nilai ttabel = 2,007, maka thitung (7,436) > ttabel (2,007). Sehingga dapat diartikan bahwa hipotesis peneliti (Ha) diterima. hal ini sikap disiplin dan sikap taat pada peraturan yang ada di pondok, dengan adanya sikap disiplin yang tinggi kepada para santrinya tentunya hal tersebut juga akan berpengaruh juga pada meningkatnya motivasi belajar santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan Peraturan Kedisiplinan, Motivasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:37
Last Modified: 15 Aug 2022 07:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1827

Actions (login required)

View Item View Item