Korelasi Hasil Pembelajaran Tahfidz Qur’an dengan Karakter Siswa-siswi kelas IV SD Muhammadiyah Tahfidzul Qur’an Wonokerto Kabupaten Pekalongan

Puspitasari, Devi (2019) Korelasi Hasil Pembelajaran Tahfidz Qur’an dengan Karakter Siswa-siswi kelas IV SD Muhammadiyah Tahfidzul Qur’an Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya lembaga pendidikan yang menyelenggrakan program tahfidzul Qur’an di kabupaten Pekalongan adalah SD Muhammadiyah Tahfidzul Qur’an Wonokerto. Program Tahfidzul Qur’an ini dilakukan dengan tujuan untuk membentuk watak dan menanamkan iman bagi siswa serta membentuk karakter mereka. Observasi awal peneliti menemukan bahwasanya tidak semua siswa dan siswi di SD Muhammadiyah Tahfidzul Qur’an Wonokerto memiliki karakter yang baik. Beberapa diantara mereka ada yang memiliki karakter kurang terpuji. Misalnya, mengganggu teman sebangku yang sedang asyik murajaah, tidur saat pelajaran berlangsung, bertuturkata kurang sopan, bertingkah laku yang negatif (memukul) teman mereka sendiri. Permasalahan yang dibahas pada skripsi ini adalah1.) seberapa besar hubungan hasil pembelajaran tahfidz Qur’an dengan karakter religius siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Tahfidzul Qur’an Wonokerto Pekalongan. 2.) untuk mengetahui besar hubungan hasil pembelajaran tahfidz Qur’an dengan karakter religius siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Tahfidzul Qur’an Wonokerto Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field Research (Penelitian Lapangan). Adapun pengumpulan data-data penelitian dianalisis dengan menggunakan metode angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisi data statistik dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Pertama dalam uji korelasi product moment yang dilakukan peneliti terhadap variabel X (Hasil Pembelajaran Tahfidz Qur’an) dan variabel Y (Karakter Religius) terdapat nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05.Kedua Pada tinkat kesalahan 5% hasilnya terdapat korelasi positif yang signifikan antara hasil pembelajaran tahfidz Qur’dengan karakter religius siswa. Semakin baik hasil pembelajaran tahfidz Qur’an maka semakin baik pula karakter religius siswa-siswi kelas IV SD Muhammadiyah Tahfidzul Qur’an Wonokerto Kabupaten Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMillatina.R, ChubbiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tahfidz Qur’an, Karakter Religius Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 06 Jul 2021 05:57
Last Modified: 06 Jul 2021 05:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1834

Actions (login required)

View Item View Item