Pengaruh Intensitas Tadarus Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas V SD N 01 Kertoharjo

Kholisna, Kholisna (2019) Pengaruh Intensitas Tadarus Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas V SD N 01 Kertoharjo. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Al-Qur’an merupakan mukjizat abadi. Sebagai bacaan Al-Qur’an mengajak dan menggugah pembacanya untuk merangkum dan menghimpun objek yang dapat dijangkau panca indera dan nalarnya. Tadarus Al-Qur’an merupakan bentuk peribadatan yang diyakini dapat mendekatkan diri kepada Allah swt, dan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Membaca sekalipun kita belum memahami maknanya bukanlah perbuatan yang sia-sia. Dalam penelitian ini yang diduga mempengaruhi kemampuan membaca adalah intensitas mengikuti tadarus Al-Qur’an pagi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, Bagaimana intensitas mengikuti tadarus Al-Qur’an siswa kelas V SD N 01 Kertoharjo Pekalongan. kedua, Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V SD N 01 Kertoharjo Pekalongan. ketiga, adakah pengaruh intensitas mengikuti tadarus Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V SD N 01 Kertoharjo Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui intensitas mengikuti tadarus Al-Qur’an siswa kelas V SD N 01 Kertoharjo Pekalongan, kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V SD N 01 Kertoharjo Pekalongan dan ada tidaknya pengaruh Intensitas mengikuti tadarus Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V SD N 01 Kertoharjo Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian lapangan (field research dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis deskriptif. Analisis uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas dan linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara intensitas mengikuti tadarus Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V SD N 01 Kertoharjo Pekalongan. Besarnya pengaruh antara intensitas mengikuti tadarus Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V SD N 01 Kertoharjo Pekalongan, yaitu 0,020 dengan presentase koefisien ditermenasi sebesar 20% intensiats mengikuti tadarus Al-Qur’an dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Intensitas Tadarus Al-Qur’an, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 06 Jul 2021 06:18
Last Modified: 06 Jul 2021 06:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1839

Actions (login required)

View Item View Item