Pengaruh promosi, lokasi, persepsi harga, dan kualitas produk terhadap minat beli kain jeans (studi kasus Romantex Ulujami Pemalang)

Dammara, Muhammad Irvan (2020) Pengaruh promosi, lokasi, persepsi harga, dan kualitas produk terhadap minat beli kain jeans (studi kasus Romantex Ulujami Pemalang). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Bab I dan V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Sejalan dengan perkembangan era globalisasi, dunia bisnis terus berkembang pesat, hal ini ditandai dengan semakin tingginya tingkat persaingan di dunia bisnis dalam memasarkan produk maupun jasa kepada konsumen. Dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, para pelaku bisnis berlomba-lomba dalam memasarkan produk yang mereka tawarkan.Memenangkan persaingan perusahaan untuk menguasai pasar harus mengimplementasikan strategi pemasaran yang tepat.Dalam menarik minat beli konsumen dapat menerapkan beberapa strategi marketing mix. Banyaknya permintaan akan kain jeans membuat persaingan pun terjadi pada toko-toko kain yang umumnya menjual produk yang sejenis bahkan dengan merek yang sama. Akibatnya terjadi persaingan harga yang kompetitif antar toko.Dalam kondisi persaingan yang ketat, hal utama yang harus diprioritaskan adalah kepuasan pelanggan yang dimana pada akhirnya akan menarik minat pelanggan untuk membeli ulang suatu produk sehingga sebuah usaha dapat bertahan, bersaing, dan menguasai pangsa pasar. Jenis penelitian adalah penelitian korelasidan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang membeli kain jeans di toko Romantex Ulujami Pemalang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Penetapan jumlah sampel menurut Roscoyaitu100 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer dengan penyebaran kuesioner kepada responden,dan data sekunder diperoleh dari arsip atau dokumentasi toko Romantex, buku-buku dan informasi lain yang berhubungan dengan penelitian. Analisis data untuk mengukur setiap instrumen pertanyaandengan uji validitas dan reliabilitas. Dan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif promosi terhadap minat beli dengan signifikansi 0,028 dan thitung 2,228> ttabel 1,661. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lokasi terhadap minat beli dengan signifikansi 0,047 dan thitung2,014> ttabel 1,661. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi harga terhadap minat beli dengan signifikansi 0,004 dan thitung2,926> ttabel 1,661. 4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas produk terhadap minat beli dengan signifikansi 0,000 dan thitung3,811> ttabel 1,661. 5) Variabel promosi, lokasi, persepsi harga, dan kualitas produk secara simultan mempengaruhi minat beli kain jeans pada toko Romantex Ulujami Pemalang dengan Fhitung22,048> Ftabel 2,47. Dan koefisien determinasi (R2) penelitian ini sebesar 0,460 atau 46% dan sisanya 54% di pengaruhi variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorStiawan, DrajatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Promosi, Lokasi, Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Minat Beli.
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:46
Last Modified: 15 Aug 2022 07:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1865

Actions (login required)

View Item View Item