Faktor Determinan Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Produk Batik

Rosyada, Riyan (2020) Faktor Determinan Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Produk Batik. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Bab I dan V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand image, brand trust, word of mouth, lifestyle, desain produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Buaran Batik Centre (BBC) Kota Pekalongan. Perpindahan para pedagang batik yang memiliki los, kios maupun toko yang semula mayoritas berjualan di Pasar Banjarsari, Sampangan, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah akibat tragedi kebakaran pasar pada tanggal 24 bulan Februari tahun 2018 melatarbelakangi masalah dalam penelitian ini, dimana sebagian pedagang batik yang semula berjualan di Pasar Banjarsari berpindah ke BBC di Jl. Raya Jendral Gatot Subroto Nomor 21A Pekalongan Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen batik di BBC Kota Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non random, jenis yang digunakan menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikan sisebesar 0,005 < 0,05. Brand trust berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,012< 0,05. Word of mouth berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar0,028 < 0,05. Lifestyle berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar0,043< 0,05. Desain produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar0,011< 0,05. Kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar0,008< 0,05. Seluruh variabel independen yaitu brand image, brand trust, word of mouth, lifestyle, desain produk dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Angka adjusted R square sebesar 0,489 atau 48,9%menunjukkan bahwa variabel independen dapat menjelaskan 48,9% keputusan pembelian sedangkan sisanya 0,433 atau 43,3% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini..

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsfandiar, Ali AminUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, brand image, brand trust, word of mouth, lifestyle, desain produk, kualitas produk dan keputusan pembelian.
Subjects: 600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 650 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.31 Elements of Personnel Management/Bagian-bagian Manajemen Sumber Daya Manusia
600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 650 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.8342 Consumer Behavior/Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:33
Last Modified: 15 Aug 2022 03:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1868

Actions (login required)

View Item View Item