Perilaku Pedagang Makanan di Alun-alun Batang Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam

Robiasih, Maista (2020) Perilaku Pedagang Makanan di Alun-alun Batang Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Bab I dan V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Perilaku menjadi tolok ukur tentang seberapa baik dan buruk seseorang dalam berinteraksi dengan sesamanya. Tak lain perilaku dalam usaha perdagangan, merupakan bentuk usaha yang banyak dijalankan oleh sebagai orang. Dengan perdagangan selain untuk memenuhi kebutuhan pribadi juga sebagai pemenuhan kebutuhan orang lain. Dalam aktivitas perdagangan perilaku seorang pedagang hendaknya sesuai dengan yang diharapkan pembeli dan memberikan perilaku adab yang baik. Tak lain perilaku pedagang di Alun-alun Batang, seperti kasus pemberian harga yang tidak wajar, persaingan dagang yang dilakukan dan lain-lain, dan akan di kaitkan dengan perilaku berdagang sesuai etika bisnis Islam. Dimana tujuan dalam penelitian ini mengenai perilaku yang dijalankan sehari-hari pedagang makanan di Alun-alun Batang sesuai yang di jalankan oleh Rasulullah dengan prinsip shiddiq, amanah, fathanah, dan tabliq. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan lokasi pedagang di Alun-alun Batang dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian berupa sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dalam perilaku yang dilakukan sehari-hari pedagang makanan di Alun-alun Batang, ternyata mereka sudah menerapkan etika bisnis Islam berdasarkan etika berdagang Rasulullah. Namun untuk perilaku shiddiq,ada 2 pedagang yang tidak jujur dalam melakukan persaingan dalam berdagang. Untuk fathanah dan tabliq, sebagian pedagang sudah sesuai dengan prinsip tersebut. Tetapi untuk prinsip amanah, beberapa perilaku pedagang ada yang belum sesuai, yaitu meninggalkan shalat wajib. Kata Kunci : Perilaku Pedagang (shiddiq, amanah, fathanah, tabliq), Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDTamamudin, TamamudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perilaku Pedagang (shiddiq, amanah, fathanah, tabliq), Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah
Depositing User: Thohirin Thohirin
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:39
Last Modified: 15 Aug 2022 03:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1883

Actions (login required)

View Item View Item