Strategi Pemasaran Pedagang Muslim Dalam Menghadapi Persaingan Usaha (Studi Kasus Pedagang Sayur di Pasar Doro Kabupaten Pekalongan)

WINARNO, AGIL (2020) Strategi Pemasaran Pedagang Muslim Dalam Menghadapi Persaingan Usaha (Studi Kasus Pedagang Sayur di Pasar Doro Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Bab I dan V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi persaingan usaha yang semakin ketatterutama antar pedagang yang menjual jenis komoditi yang sama. Pedagang harus bekerja keras untuk dapat bertahan dalam persaingan yang ada. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi persaingan pedagang sayur di Pasar Doro Kabubapen Pekalongan dan strategi pemasaran pedagang sayur dalam menghadapi persaingan usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan segala sesuatu tentang kondisi persaingan pedagang sayur dan strategi pedagang sayur dalam menghadapi persaingan usaha sesuai dengan apa yang didengar dan dilihat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kondisi persaingan usaha di Pasar Doro Kabupaten Pekalongan secara umum dari segi produk, harga, tempat, pelayanan dapat dikatakan bersaing secara ketat. Meskipun demikian tetap berjalan dengan baik. Kemudian strategi pedagang sayur dalam menghadapi persaingan usaha di Pasar Doro yang meliputi bauran pemasaran pedagang memberikan produk yang berkualitas baik dan di tata dengan baik pula, memberikan promosi yang jujur dalam menjalin hubungan dengan konsumen serta memberikan bonus dan persenan kepada pelanggan. Memberikan harga yang kompetitif, memilih tempat yang strategis serta memanfaatkan jam kerja lebih efektif untuk menunjang pendapatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDRismawati, Shinta DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Persaingan Usaha, Pedagang Sayur
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah
Depositing User: Thohirin Thohirin
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:41
Last Modified: 15 Aug 2022 03:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1885

Actions (login required)

View Item View Item