Korelasi Antara Minat Membaca Buku Keagamaan Dengan Motivasi Belajar Siswas SD Muhammadiyah 01 Pencongan Wiradesa Kabupaten Pekalongan

A’yun, Faroh Qurrota (2017) Korelasi Antara Minat Membaca Buku Keagamaan Dengan Motivasi Belajar Siswas SD Muhammadiyah 01 Pencongan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Minat yang besar akan mendorong individu untuk melakukan hal-hal yang lebih baik. Dapat diketahui bahwa keadaan minat membaca siswa SD Muhammadiyah 01 Pencongan Wiradesa cukup berminat dalam membaca buku-buku di perpustakaan. Hal ini dapat dilihat dari buku pengunjung perpustakaan di sekolah tersebut dan mereka lebih suka mengisi waktu luangnya untuk membaca. Mereka membaca tidak hanya di sekolah saja, tetapi diluar sekolah juga menyempatkan membaca seperti di rumah. Minat yang besar akan mendorong individu untuk melakukan hal-hal yang lebih baik. Oleh karena itu, pada intinya motivasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, dan keberadaannya akan berhubungan terhadap minat. Denganmelihaturaian diataspenelitimengajukan tiga rumusan masalah antara lain: 1)Bagaimanaminatmembacasiswaterhadapbukukeagamaanpadasiswa SD Muhammadiyah 01 Pencongan Wiradesa Kabupaten Pekalongan?, 2) Bagaimanamotivasibelajarsiswa SD Muhammadiyah 01 PenconganWiradesaKabupatenPekalongan?, 3)Apakahadakorelasiantaraminatmembacabukukeagamaandenganmotivasibelajarsiswa SD Muhammadiyah 01 PenconganWiradesaKabupatenPekalongan?. Tujuan penelitian ini meliputi 1) Untuk mengetahui minat membaca buku keagamaan siswa SD Muhammadiyah 01 Pencongan Wiradesa, 2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa SD Muhammadiyah 01 Pencongan Wiradesa, 3) untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara minat membaca buku keagamaan dengan motivasi belajar siswa SD Muhammadiyah 01 Pencongan Wiradesa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Adapun variabel yang digunakan ada 2 variabel bebas (minat membaca) dan variabel terikat (motivasi belajar), sedangkan untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan rumus statistic Product Moment. Analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat minat membaca di SD Muhammadiyah 01Pencongan dikategorikan sangat kurang, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata yaitu 29,8. 2) Tingkat motivasi belajar siswa di SD Muhammadiyah 01 Pencongan dikategorikan kurang, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata yaitu 26,5. Analisis korelasi antara minat membaca buku keagamaan dengan motivasi belajar siswa SD Muhammadiyah 01 Wiradesa diperoleh nilai rxy = 0,674 dengan jumlah responden 26 siswa. Pada taraf signifikan 5% diperoleh rt 0,404 karena nilai rxy > rt. Selanjutnya pada taraf signifikan 1% diperoleh rt = 0,515 maka rxy > rt. Hasil dari penelitian yaitu ada korelasi positif yang signifikan antara minat membaca buku keagamaan dengan motivasi belajar siswa SD Muhammadiyah 01 Pencongan Wiradesa. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang penulis ajukan yaitu H0 ditolakdan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaulida, ChusnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Minat Membaca, Motivasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X0.9 Islam dan Bidang Lainnya
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Thohirin Thohirin
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:50
Last Modified: 15 Aug 2022 07:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2105

Actions (login required)

View Item View Item