Pengaruh Pelayanan Prima, Kehalalan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di Rumah Makan Kampung Jawa Pawon Simbah Kabupaten Batang

Sofifa, Khomsatun (2020) Pengaruh Pelayanan Prima, Kehalalan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di Rumah Makan Kampung Jawa Pawon Simbah Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover Bab I dan V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Persaingan sangat ketat dalam dunia bisnis di era globlalisasi saat ini. Agar mampu bersaing dalam pasar, maka setiap perusahaan dituntut untuk memaksimalkan kinerjanya. Kebutuhan dan keinginan konsumen harus mampu dipahami oleh perusahaan. Oleh karena itu, agar dapat bertahan dalam persaingan bisnis maka harus dirancang strategi yang sangat kuat oleh perusahaan guna mewujudkan kepuasan konsumen. Usaha dalam bidang kuliner, kepuasan konsumen akan memberikan manfaat sangat besar bagi perusahaannya. Konsumen akan melakukan pembelian ulang terhadap barang atau jasa yang mereka gunakan jika perusahaan mempertahankan dan memberikan kepuasan kepada konsumen. Dengan rumusan masalah yang ada penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh pelayanan prima, kehalalan dan kualitas makanan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan field research dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi konsumen RM Kampung Jawa Pawon Simbah yang berjumlah tak terhingga. Jumlah sampel 96 orang diambil dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil uji t hitung 3,346 > t tabel 1,98667, hasil ini menunjukkan bahwa variabel pelayanan prima berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji t variabel kehalalan t hitung 0,768 < t tabel 1,98667, hasil ini menunjukkan kehalalan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji t kualitas makanan t hitung 7,403 > t tabel 1,98667, hasil ini menunjukkan kualitas makanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji F hitung dilihat F hitung 87,069> F tabel 2,70 dan nilai sig 0,004 < 0,05 maka secara simultan variabel independen yaitu Pelayanan Prima (X1), Kehalalan (X2) dan Kualitas Makanan (X3) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu Kepuasan Konsumen. Variabelpelayanan prima,kehalalan dan kualitas makanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 73,1% dan sisanya 26,9% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorCaniago, Siti AminahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Prima, Kehalalan, Kualitas Makanan Dan Kepuasan Konsumen.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 28 Jul 2021 03:42
Last Modified: 28 Jul 2021 03:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2150

Actions (login required)

View Item View Item