Pengaruh etika bisnis islam terhadap customer retention nasabah pembiayaan murabahah pada KSPPS BMT BAHTERA Pekalongan

'Ula, Juhan Haffatul (2019) Pengaruh etika bisnis islam terhadap customer retention nasabah pembiayaan murabahah pada KSPPS BMT BAHTERA Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Kehadiran BMT sebagai pendatang baru melalui sistem simpan pinjam syariah bertujuan untuk menjadi alternatif yang lebih inovatif dalam jasa keuangan. Semakin banyaknya persaingan menuntut BMT untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan nasabah serta berusaha memenuhi harapan nasabah. Maka, strategi yang bisa diterapkan perusahaan dengan cara customer retention. Untuk mewujudkan customer retention yang sesuai, perusahaan harus melaksanakan kegiatan bisnis dengan berdasarkan pada etika bisnis. Dalam etika bisnis Islam terdapat beberapa prinsip dalam melakukan bisnis sesuai dengan ajaran Islam, yaitu keadilan (‘adl), kehendak bebas (free will), tanggungjawab (responsibility), dan kebenaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh etika bisnis Islam yang meliputi keadilan, kehendak bebas, tanggungjawab, dan kebenaran terhadap customer retention nasabah pembiayaan murabahah secara parsial maupun simultan pada BMT BAHTERA Pekalongan. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pembiayaan murabahah BMT BAHTERA Pekalongan berjumlah 676 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Penetapan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin yaitu 90 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer dengan penyebaran kuesioner kepada responden, dan data sekunder diperoleh dari arsip atau dokumentasi BMT BAHTERA, buku-buku dan informasi lain yang berhubungan dengan penelitian. Analisis data untuk mengukur setiap instrumen pertanyaan dengan uji validitas dan reliabilitas. Dan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif keadilan terhadap customer retention dengan signifikansi 0,008 dan thitung 2,732 > ttabel 1,663. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kehendak bebas terhadap customer retention dengan signifikansi 0,004 dan thitung 2,958 > ttabel 1,663. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan tanggungjawab terhadap customer retention dengan signifikansi 0,005 dan thitung 2,862 > ttabel 1,663. 4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kebenaran terhadap customer retention dengan signifikansi 0,002 dan thitung 3,151 > ttabel 1,663. 5) Variabel keadilan, kehendak bebas, tanggungjawab, dan kebenaran secara simultan mempengaruhi customer retention nasabah pembiayaan murabahah pada BMT BAHTERA Pekalongan dengan Fhitung 37,912 > Ftabel 2,48. Dan koefisien determinasi (R2) penelitian ini sebesar 0,624 atau 62,4% dan sisanya 37,6% di pengaruhi variabel lainnya. 6) Variabel kebenaran dominan berpengaruh terhadap customer retention dengan koefisien beta sebesar 0,295.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyukron, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Customer Retention
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 05 Aug 2021 06:24
Last Modified: 05 Aug 2021 06:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2183

Actions (login required)

View Item View Item