Nasikhin, Tony (2019) Pengaruh motivasi, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat mahasiswa dalam berbisnis online (studi pada Mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Teknologi internet yang semakin maju tidak hanya menghubungkan jutaan manusia di seluruh dunia tetapi juga telah menjadi basis bagi transaksi perdagangan dan transportasi secara online. Usaha berbisnis online dirasa cukup mudah dan praktis untuk dilakukan, ditambah lagi saat ini bisnis tersebut banyak dilakukan masyarakat tak terkecuali mahasiswa sebagai pekerjaan sampingan. beberapa faktor yang mempengaruhi minat dalam berbisnis online diantaranya motivasi, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel motivasi, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat mahasiswa dalam berbisnis online. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan atau referensi baik bagi mahasiswa maupun akademis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan data pustaka. Sampel pada penelitian ini adalah 100 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrumen yaitu dengan uji validitas dan uji reliabilitas, kemudian uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dan uji F, serta uji koefisien determinasi (R2). Dari hasil analisis data dengan uji t (parsial) menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam berbisnis online dengan signifikansi kurang dari 10% yaitu 0, 000 (thitung sebesar 9,989), lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam berbisnis online dengan signifikansi kurang dari 10% yaitu 0, 005 (thitung sebesar 2,859) dan pendidikan kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam berbisnis online dengan signifikansi lebih dari 10% yaitu 0. 996 (thitung sebesar 0, 004). Hasil uji F, nilai Fhitung 139,484 menunjukkan secara simultan berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam berbisnis online. Kemudian angka Adjusted R Square sebesar 80,8%. Hal ini berarti 80,8% variabel minat dalam berbisnis online dapat dijelaskan melalui ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. sedangkan sisanya 19,2 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | : Motivasi, Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan dan Minat Mahasiswa Dalam Berbisnis Online | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2022 04:27 | ||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2022 04:27 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2191 |
Actions (login required)
View Item |