Patmanah, Kiki (2019) Efektifitas Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 1 Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I-V.pdf Download (4MB) |
|
Text
FULL TELKS.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalahtentang penggunaan media di SMP Negeri 1 Wonokertoyang belum lengkap dan belum digunakan secara maksimal untuk menunjang hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI). Oleh karena itu, penggunaan dan pemanfaatan media harus dilakukan secara efektif dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimanaefektifitas penggunaan media dalampembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 1 Wonokerto Kabupaten Pekalongan? 2). Apa saja faktorpendukungdanpenghambatefektifitas penggunaan media dalampembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 1 Wonokerto Kabupaten Pekalongan.Tujuan dalam penelitian adalah: 1). Mendeskripsikan efektifitas penggunaan media dalampembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 1 Wonokerto Kabupaten Pekalongan. 2). Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghamabat efektifitas penggunaan media dalampembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 1 Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan(field reseach)dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa efektifitas penggunaan media dalampembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIIIdi SMP Negeri 1 Wonokerto kabupaten Pekalongan,dalam penggunaan dan pemanfaatan media masihkurang efektif dalampembelajaran pendidikan agama Islam. Media yang digunakan adalah media cetak, buku dan kitab al-qur’an dan juz’ama, sedangkan metode yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam adalah metode diskusi, tanya jawab dan metode demonstrasi. Faktor pendukungefektifitas penggunaan media dalampembelajaran pendidikan agama Islam adalah minat dan motivasi belajar siswa baik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah minimnya media dan guru kurang menggunakan media untuk pembelajaran, dan guru tidak menggunakan alat peraga sebagai alat bantu untuk pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: penggunaan media, efektifitas pembelajaran | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.331 Madrasah Tsanawiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities/Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School/Sekolah Menengah Pertama, SMP |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nora Septiani | ||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2022 07:53 | ||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2022 07:53 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2245 |
Actions (login required)
View Item |