Lestari, Evi Sri (2019) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Siswi Kelas VIII di SMP Negeri 1 Wonokerto Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I-V.pdf Download (4MB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Kata kunci: Strategi guru Pendidikan Agama Islam, kemampuan membaca Al-Qur’an, siswa Latar belakang penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Wonokerto karena kemampuan membaca Al-Qur’an siswa siswi SMP Negeri 1 Wonokerto masih tergolong rendah, tidak sedikit dari mereka yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Cara membaca mereka masih banyak yang keliru terkhusus dalam bidang ilmu tajwidnya. Oleh karena itu, peran guru dalam memberikan strategi yang benar sangatlah diperlukan terutama guru Pendidikan Agama Islam untuk mengatasi masalah siswa siswi SMP Negeri 1 Wonokerto yang belum bisa dan belum lancar dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa siswi kelas VIII di SMP Negeri 1 Wonokerto Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2018/2019 serta untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa siswi kelas VIII di SMP Negeri 1 Wonokerto Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (fileld research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya dilakukan dengan mengumpulkan seluruh data untuk ditelaah, mereduksi data, menyajikan data kemudian ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa siswi kelas VIII di SMP Negeri 1 Wonokerto kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2018/2019 yaitu guru Pendidikan Agama Islam di sekolah tersebut mengoptimalkan penggunaan metode pembelajaran Al-Qur’an pada saat pembelajaran di dalam kelas, melakukan pendampingan, melakukan kerja sama dengan teman sejawat, serta melakukan kerja sama antara sekolah dengan orang tua. Adapun metode yang digunakan antara lain metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode drill, dan metode sorogan. (2) Faktor pendukung strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa siswi kelas VIII di SMP Negeri 1 Wonokerto adalah kemampuan guru dalam melakukan berbagai strategi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, keaktifan peserta didik saat pembelajaran, adanya media serta sarana dan prasarana lainnya yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya kreatifitas guru, kondisi fisiologis peserta didik yang kurang baik, serta kurangnya fasilitas dari sekolah berupa media elektronik seperti lcd dan proyektor.
Actions (login required)
View Item |