Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Materi Pokok Sholat Dhuha Kelas VIII) di SMP N 14 Pekalongan.

Aghistina, Nur (2019) Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Materi Pokok Sholat Dhuha Kelas VIII) di SMP N 14 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
bab i-v.pdf

Download (5MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Metode merupakan cara yang digunakan oleh seorang guru dalam menyampaikan materi atau bahan pelajaran kepada peserta didik sehingga dapat mencapai tujuan tertentu sesuai yang sudah ditentukan. Di SMP N 14 Pekalongan, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Pokok Sholat Dhuha menggunakan Metode Demonstrasi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Materi Pokok Sholat Dhuha kepada peserta didik. Rumusan masalah berdasarkan latar belakang diatas adalah bagaimana penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Materi Pokok Sholat Dhuha Kelas VIII) di SMP N 14 Pekalongan, bagaimana hasil belajar siswa tentang (Materi Pokok Sholat Dhuha Kelas VIII) di SMP N 14 Pekalongan, bagaimana pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Materi Pokok Sholat Dhuha Kelas VIII) di SMP N 14 Pekalongan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan datanya dengan melakukan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data statistic dengan rumus yang digunakan adalah rumus regresi linear sederhana untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian Pertama metode demonstrasi pada pembelajaran PAI dan budi pekerti rata-rata 83 terletak pada interval 80-84 termasuk kategori cukup, Kedua hasil belajar pada pembelajaran PAI rata-rata 84 terletak pada interval 81-84 termasuk kategori cukup, dan Ketiga terdapat pengaruh yang signifikan antara metode demonstrasi terhadap hasil belajar pada perhitungan statistik dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan ttest = 2,9166666667. Hasil penelitian adalah berdasarkan〖 r〗_xy= 0,049 interprestasi secara sederhana pada tabel patokan interprestasi nilai r terletak pada interval 0,40-0,70 yang berarti terdapat hubungan yang cukup kuat antara penggunaan Metode Demonstrasi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Materi Pokok Sholat Dhuha Kelas VIII) di SMP N 14 Pekalongan. Interprestasi secara cermat diperoleh〖 t〗_tes= 2,9166666667 diketahui pada taraf kesalahan 5 % t_tabel=2,042 yang berartit_tes≥t_tabel. Pada taraf kesalahan 1 % t_tabel = 2,457 yang berartit_tes≥t_tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada taraf kesalahan 5% maupaun 1 % Metode Demostrasi mempunyai pengaruh yang cukup kuat terhadap hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Materi Pokok Sholat Dhuha Kelas VIII) di SMP N 14 Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBurhanuddin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 09 Aug 2021 04:03
Last Modified: 09 Aug 2021 04:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2254

Actions (login required)

View Item View Item